21 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Warga Nagari Parambahan Terima Penyaluran BST Tahap Dua

BATUSANGKAR, KP – Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada masyarakat berpenghasilan rendah terdampak Pandemi Covid-19 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tanahdatar tahun 2020 bagi penerima lanjutan dan penerima tambahan, diserahkan selama dua hari. Yakni mulai Selasa (8/9) hingga Rabu (9/9 hari ini- red) di seluruh nagari.


Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak H. Yuhardi, saat meninjau pelaksanaan pembagian BST di Nagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum, didampingi Camat Lima Kaum, Hendra Setyawan dan Forkompimca. “Pencairan dana BST tahap lanjutan ini sebesar Rp.16.306.500.000 untuk 32.613 KK dengan rincian penerima awal tahap kedua sebanyak 16.648 KK dan ditambah 15.695 KK penerima tambahan. Semuanya Insya Allah selesai dibagikan dalam 2 hari ini,” ujar Yuhardi.


Yuhardi mengungkapkan, BST bersumber dari APBD itu direncanakan diberikan untuk 3 kali penerimaan. Di mana tahap awal telah diberikan Rp 600 ribu per KK, namun karena keterbatasan dan kemampuan APBD serta penambahan KK penerima, terpaksa untuk BST tahap kedua dikurangi menjadi Rp 500 ribu. “Penerima BST tahap awal 16.648 KK akan diberikan satu kali lagi Rp 500 ribu dan 15.965 KK tambahan juga satu kali sebesar Rp 500 ribu. Hal ini terpaksa kita lakukan karena melihat keterbatasan kemampuan keuangan daerah,” paparnya.


Kemudian Yuhardi juga mengimbau agar pihak pemerintahan nagari yang mendistribusikan ke penerima hendaknya menerapkan protokol kesehatan Covid-19, sehingga potensi penyebarannya bisa diminimalisir. “Penyaluran BST dilakukan harus sesuai protokol penanganan Covid-19 dengan memastikan seluruh penerima BST menggunakan masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun. Kalau ada yang melanggar, petugas diharap untuk mengingatkan agar dipatuhi dulu, baru kemudian dibagikan. Hal ini untuk kebaikan kita semua mengingat kondisi saat ini,” tukas Yuhardi.


Sementara Wali Nagari Parambahan H. Robi Yasdi, menyampaikan terima kasih kepada Pemda atas pelaksanaan penyaluran BST tersebut. “Alhamdulillah, penyaluran BST ini menjawab pertanyaan dari masyarakat kami yang sudah kerap bertanya tentang penyaluran bantuan. Walaupun besaran berkurang Rp 100 ribu, namun masyarakat tetap bersyukur telah cairnya bantuan ini,” ujarnya.


Robi menambahkan, dalam BST dari APBD Tanahdatar, warga di nagari yang dipimpinnya yang layak untuk menerima, telah terdata semuanya. “Ada 341 KK di Nagari Parambahan yang menerima BST ini dan tidak ada penambahan, karena semua sudah terdata sejak awal. Ini kami lakukan dengan cara menelusuri data yang ada di jorong dan mencocokkan di nagari, sekiranya masih ada yang tertinggal, kami umumkan melalui pengeras suara di dua masjid di Nagari Parambahan. Alhamdulillah, cara ini berjalan efektif sehingga masyarakat kami yang berhak bisa mendapatkan haknya,” terang Robi.


Di kesempatan itu juga, Camat Lima Kaum Hendra Setyawan menyampaikan apresiasi kepada Nagari Parambahan. “Secara umum pemberian BST di Nagari se-Kecamatan Lima Kaum berjalan cukup aman, walau memang di beberapa nagari masih ada kendala kecil namun bisa diatasi. Terkhusus Nagari Parambahan ini, kita melihat memang mekanisme pendataan berjalan sangat baik, sehingga sesuai penyampaian Wali Nagari, warganya yang berhak sudah terdata dan menerima BST ini,” tukasnya. (nas)