Gubernur Kita

SIAPA Gubernur Sumbar mendatang? Tentu kita sudah punya jagoan masing-masing. Apalagi kalangan cendekiawan dan cerdik-pandai, ‘alun takilek alah takalam’.

Semua calon yang tampil sudah sama-sama kita ketahui pengabdiannya selama ini. Ada yang berkecimpung dalam pemerintahan, keamanan, dan legislatif. Keempat pasangan calon itu juga sama-sama menonjol dalam bidang pengabdian yang mereka tekuni.

Pemilih dewasamungkin tak begitu pusing dalam menjatuhkan pilihannya. Namun kalangan lansia mungkin ada yang ragu menjatuhkan pilihannya. Apalagi bagi yang bermukim di pedalaman. Maklum, informasi yang mengalir terkadang tak sederas di daerah-daerah keramaian, terutama karena terbatasnya perangkat telekomunikasi.

Namun jangan pula ada anggapan bahwa semua warga lansia berpenampilan pikun. Rata-rata warga lansia di pedesaan banyak yang kuat fisiknya. Mereka tampil ke lingkungan banyak orang. Rajin beribadah, ‘maota’ di lapau sambil minum kopi, makan goreng pisang, dan lainnya.

Hebatnya, lansia yang aktif di masyarakat itu tak ketinggalan informasi. Mereka juga terbilang menonjol dalam mensukseskan pesta demokrasi. Datang ke TPS berpakaian rapi, serius, dan tak banyak tanya. Sebab, calon pilihannya sudah dimaklumi melalui gurauan di warung kopi, di tepian tempat mandi, ataupun ngobrol santai sesamanya di rumah ibadah.

Yang agak sulit diterka adalah kelompok milenial. Mereka cenderung memilih tokoh berselera seni. Pandai menyanyi, dan sering ‘show’ dalam banyak kegiatan anak muda. Namun demikian, bukan tak mungkin kelompok milenial ketika akan memilihmenerima masukan dari seniornya, ayah-ibu tentang calon pilihannya.

Bagaimanapun, retak tangan tokoh yang ditakdirkan untuk diberiamanah namanya sudah ditulis oleh yang Maha Kuasa . Hanya saja siapa orangnya tak bisa diterka. Inilah salah satu kekuasaan Allah. Namun yang pasti, berapapun kuda berpacu di gelanggang, dipastikan yang meraih ‘boko’ hanya satu kuda pacuan.

Yang penting, semua tahapan pilkada di Sumbar berlangsung aman, tertib, dan terjauh dari perbuatan tercela. Semua calon gubernur adalah idola kita. Mereka cerdik pandai. Banyak pengalaman. Mari kita sukseskan ‘alek pilkada’ ini. Biduk lalu kiambang bertaut. Alhamdulillah. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kecelakaan Tunggal Dekat BIM, Minibus Hantam Pohon Sopir Bertele-tele, Polisi Dalami Dugaan Mobil Curian

Rab Sep 9 , 2020
PADANGPARIAMAN, KP – Kecelakaan tunggal terjadi di kawasan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padangpariaman, Selasa sore (8/9) sekitar pukul 16.40 WIB. Kasat Lantas Polres Padangpariaman Iptu Indra KS menjelaskan mobil nahas yang mengalami kecelakaan lalulintas itu adalah minibus Toyota Rush warna hitam dengan plat nomor BA 1782 […]