14 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Polisi Gulung Kawanan Curanmor Lintas Daerah

LIMAPULUH KOTA, KP – Jajaran Satreskrim Polres Limapuluh Kota menggulung kawanan pencuri kendaraan bermotor (curanmor) yang beraksi di sejumlah daerah di kawasan Provinsi Sumatera Barat.

Kapolres Limapuluh Kota AKBP Trisno Eko Santosomelalui Kasatreskrim AKP Nofrizal Can mengatakan komplotan curanmor itu dibekuk setelah beraksi di sejumlah wilayah Kabupaten Limapuluh Kota. Dari hasil penyelidikan tim opsnal satreskrim, diperoleh informasi bahwatersangka yang sering melakukan pencurian sepeda motor di wilayah hukum Polres 50 Kota adalah tersangka FRP alias Aidil dan tersangka Putra yang merupakan warga Komplek Pemda Padang Sarai, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.

Setelah didapatinformasi akurat tentang keberadaan pelaku, tim opsnal berusaha memancing pelaku FRP dengan cara menawarkan sepeda motor Yamaha Mio Sporty bodong. Tak sadar masuk jebakan, pada Senin (7/9) sekira pukul 17.00 WIB tersangka FRD datang dari Kota Padang untuk membeli sepeda motor bodong tersebut.

“Pada Selasa (8/9) sekira pukul 00.15 WIB, tim opsnal mendapatinformasi bahwa pelaku FRD sedang berada di gudang pembuatan springbed milik Yati di belakang Polres Limapuluh Kota. Selanjutnya tim opsnal langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku,” ungkap AKP Nofrizal Can.

Dari hasil pemeriksaan, terangka mengakutelah melakukan empat kali pencurian sepeda motor di wilayah hukum Polres Limapuluh Kota, yaknipencurian sepeda motor Yamaha Mio Soul di Ketinggian SarilamakHarau, pencurian sepeda motor Yamaha Mio Soul di Pasar SarilamakHarau, pencurian sepeda motor Hinda Scoopy di warung pecel lele depan rumah dinas Wakil Bupati Limapuluh Kota, dan pencurian sepeda motor Mio Sporty di Sanjai Putri Caniago di SarilamakHarau.

“Dalam melakukan aksinya, tersangka FRP alias Aidil berkomplot dengan temannya Putra yang saat ini sudah dimasukkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) dan sedang dalam pengejaran ” ungkap AKP Nofrizal Can.

Kepada penyidik, tersangka FRP mengakuselain melakukan aksi curanmor di wilayah Limapuluh Kota, ia juga melakukan tiga kali aksi curanmor di wilayah hukum Polresta Padang, yakni melakukan pencurian tiga sepeda motor Mio di dalam kampus Universitas Negeri Padang (UNP).

Selanjutnya tim opsnal melakukan pengembangan ke daerah Padang Sarai, Kota Padang.Pada Selasa (8/9) sekira pukul 09.30 WIB di Komplek Asrama Brimob Padang Sarai, Kecamatan Koto Tangah, polisi menciduk tersangka ISG dan dua orang tersangka lainnya selaku penadah sepeda motor curian, yaitu AB (26 tahun) dan AM ( 24 tahun).

“Untuk pengusutan lebih lanjut, keempat kawanan pelaku curanmor tersebut sudah diamankan diMapolres Limapuluh Kota untuk pengembangan lebih lanjut,” pungkas AKP Nofrizal Can. (dst)