27 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Tim UKS Provinsi Lakukan Pembinaan pada Empat Sekolah di Kota Solok

SOLOK,KP – Sekolah bukan hanya sarana untuk proses belajar mengajar, tetapi sekolah juga merupakan suatu wadah berkumpul dan juga bermain bagi anak-anak. Melihat proses tersebut, protokol kesehatan perlu dipersiapkan secara optimal di lingkungan sekolah agar pelajar dapat terhindar dari penularan Covid-19.

Berangkat dari hal itu Tim Pembina UKS Provinsi bersama Tim Pembina UKS Kota Solok melakukan pembinaan di empat sekolah Kota Solok, Selasa (8/9). Acara tersebut turut dihadiri Kabid PPSDK, Hiddayaturrahmi dan Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Niko Rianda Putra beserta staf.

“Sekolah memiliki lingkungan yang mencerminkan hidup sehat, mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal, terjamin berlangsungnya proses belajar mengajar dengan baik dan tercipta kondisi yang mendukung serta tercapainya kemampuan peserta didik untuk berprilaku hidup sehat,” kata Hiddayaturrahmi.

Dikatakannya, tujuan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yaitu untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Serta derajat kesehatan peserta didik dan menciptakan lingkungan sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya.

Sedangkan pembinaan tersebut ungkapnya, dilakukan pada TK Pembina, SD Negeri 13 Simpang Rumbio, SMP 03 dan SMU 04 Kota Solok. Acara tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat terwujudnya kesiapan pelajar dengan tetap menjalankan protokol pencegahan penyebaran Covid-19, sebagai suatu kebiasaan baru yang harus diterapkan selama berada di sekolah.

“Masih banyak anak-anak yang belum mengikuti protokol kesehatan, oleh karena itu diimbau kepada warga sekolah agar tetap mengikuti protokol kesehatan dengan cara selalu memakai masker, cuci tangan enam langkah dengan memakai sabun dan air mengalir, jaga jarak, serta berprilaku hidup bersih dan sehat,” imbaunya.

Selain itu kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi satu program rutin yang dilakukan pihak sekolah secara konsisten dan kontiniu dalam meningkatkan kesiapan pelajar, dalam menghadapi suatu tatanan baru yang harus di terapkan, dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan pengetahuan dan kesiapan sekolah di masa pandemi Covid-19. (van)