14 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Dewan Dakwah Islamiyah Bukittinggi Imbau Semua Pihak Tegakkan Protokol Kesehatan

BUKITTINGGI, KP – Pengurus Dewan Dakwah Islamiyah Kota Bukittinggi mengimbau semua pihak agar menegakkan disiplin protokol kesehatan Covid-19. Imbauan itu disampaikan setelah mencermati wabah pandemi Covid-19 yang meluas dan mengkhawatirkan di berbagai daerah, termasuk di Bukittinggi.

“Melihat fenomena masih rendahnya kesadaran mematuhi protokol kesehatan Covid-19 serta melihat adanya korban yang meninggal dunia akibat Covid-19, maka Dewan Dakwah Bukittinggi mengimbau semua pihak untuk mematuhi dan menegakkan disiplin protokol kesehatan Covid-19 di mana saja berada” ujar Ketua Dewan Dakwah Bukittinggi Saiful Amin, di kantor Dewan Dakwah Kota Bukittinggi, Komplek YARSI Belakang Balok, Rabu (9/9).

Saiful Amin mengatakan, Dewan Dakwah Bukittinggi melalui surat imbauan terbuka Nomor 11/DDII-BKT/2020, pertama meminta kepada pemerintah untuk menegaskan kembali pelaksanaan protokol Covid-19, tentang pemakaian masker, cuci tangan, dan selalu jaga jarak di fasilitas umum. Kemudian melakukan pengetatan dan  pengecekan kesehatan orang yang keluar masuk daerah dan meminta karantina mandiri kepada orang yang masuk ke dalam daerah.

“Menindaklanjuti Perda Pemerintah Provinsi Sumbar tentang Adaptasi Kebiasaan Baru dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19, maka protokol kesehatan ini sangat penting ditegakkan untuk mengantisipasi penyebaran Covid yang lebih luas,” ujarnya.

Kedua lanjutnya, Dewan Dakwah Bukittinggi meminta kepada lembaga/instansi pemerintah dan swasta serta rumah ibadah untuk mendukung proses test swab massal, guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 agar tidak lebih meluas. Serta memperketat pelaksanaan protokol Covid-19 di kantor dan lembaga masing-masing. “Khusus untuk  perkantoran, ruko dan rumah ibadah agar lebih membuka jendela dan ventilasi udara pada jam kerja dan ibadah salat,  agar udara segar masuk dan bertukar,” ungkapnya.

Ketiga ulasnya, diminta kepada masyarakat untuk mematuhi  protokol Covid 19 dengan memakai masker secara benar, menjaga jarak,  sering mencuci tangan pakai sabun, dan sering berwudu. Untuk mendekatkan diri kepada Allah, perbanyak ibadah, taubat, istighfar, dzikir, membaca Qunut Nazilah di setiap salat fardhu.

Selanjutnya, perbanyak sedekah kepada tetangga atau menyalurkannya ke lembaga resmi seperti Laznas Dewan Dakwah dan lembaga lainnya. “Terakhir mari kita senantiasa berdoa kepada Allah SWT agar diberikan perlindungan dan keselamatan dari musibah dan marabahaya, khususnya dari wabah Covid-19,” tukasnya.

Sementara itu Sekretaris Dewan Dakwah Kota Bukittinggi, Akmal Thulas menambahkan, Dewan Dakwah Bukittinggi berharap kepada semua pihak agar lebih hati-hati dan waspada lagi terhadap penyebaran Covid-19, karena wabah Covid-19 belum berakhir.

“Covid-19 ini memang ada dan telah menimbulkan korban. Kita sangat apresiasi terhadap tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menanggulangi wabah ini. Mari kita bahu membahu mencegah penularannya  dengan  mematuhi dan melaksanakan protokol Covid-19,” ungkapnya. (eds)