18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pastikan Prokes Terlaksana, Polres Dharmasraya Pantau Tiap Tahapan Pilkada

PULAUPUNJUNG, KP – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama segenap unsur Forkopimda mengikuti apel gelar pasukan ‘Ayo Pakai Masker’ di halaman Mapolres Dharmasraya, Kamis (10/9). Apel gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Dharmasraya AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah itu, dalam rangka kampanye pakai masker dan jaga jarak dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2020. 

Kapolres Dharmasraya, AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah mengatakan, pelaksanaan tahapan pilkada harus mengikuti protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penyebaran covid-19. Untuk itu imbuhnya, dalam hal ini jajaran Kepolisian Resor Dharmasraya akan melakukan pemantauan terhadap seluruh kegiatan tahapan Pilkada. Seperti masyarakat yang hadir pada acara tersebut, apakah mematuhi protokol kesehatan atau tidak. 

“Pada tahun 2020 ini kita masih dirundung pandemi covid 19. Jadi pihak Polres Dharmasraya akan memantau seluruh tahapan pilkada di Kabupaten Dharmasraya, apakah mengikuti protokol kesehatan atau tidak,” ungkapnya.

Bukan hanya pihak Polres saja yang akan turut serta memantau, jelasnya, akan tetapi pihak TNI dan Pemkab Dharmasraya juga akan turut serta memantau pelaksanaan tahapan Pilkada di Kabupaten Dharmasraya. Selain itu untuk mendukung pesta demokrasi dan memutus rantai penyebaran covid-19, Polres Dharmasraya akan membagikan masker ke seluruh lapisan masyarakat sebanyak 10.000 masker. Masker tersebut dibagikan secara merata ke lapisan masyarakat, terutama di lokasi keramaian. “Kami akan membagikannya secara merata, terutama di lokasi yang ramai masyarakatnya,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Polres Dharmasraya juga akan melakukan tindakan tegas kepada masyarakat yang tidak mengindahkan untuk mengikuti protokol kesehatan. Masyarakat akan diberikan sanksi tegas, baik sanksi berupa teguran lisan terlebih dahulu. Jika masih tetap tidak mengindahkan maka akan dilakukan sanksi lainnya yang akan dikoordinasikan dengan pihak terkait, seperti TNI dan Pemkab Dharmasraya. 

“Jika tidak mengindahkan protokol kesehatan, yakni memakai masker dan lain sebagainya, maka kita akan tegas memberikan sanksi. Baik sanksi sosial ataupun sanksi tegas lainnya. Dengan demikian, diharapkan masyarakat dapat melakukan anjuran pemerintah untuk mengikuti protokol kesehatan,” tegasnya. (jp)