9 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pemko Padang Didesak Segera Buat Perda Protokol Kesehatan

PADANG,KP- Terus melonjaknya kasus positif covid-19 di Kota Padang ,mendapat tanggapan dari Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Padang, H.Muharlion. Menurutnya, harus dilakukan sosialisasi secara terpadu tentang penerapan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarakdalam mencegah penyebaran covid-19, terutama mengantisipasi munculnyacluster keluarga.

“Untuk memutus penyebaran covid-19 harus dilakukan sosialisasi intens kepada masyarakat. Sosialiasi harus melibatkan RT/RW sebagai perwakilan pemerintah di tingkat paling kecil,” sebut Muharlion kepada KORAN PADANG, Kamis (10/9).

Dalam penerapan 3M,ia menyarankan agar Pemko Padang membuat perda protokol kesehatan agar ada sanksi tegas terhadap para pelanggar protokol kesehatan.

“Perda protokol kesehatan harus dirancang secepatnya. Sebelumnya, tentu harus dilakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat,” sebutnya.

Menurutnya, sebelum perda rampung, walikota bisa membuat peraturan walikota (perwako) yang kemudian disosialisasikan lewat kongsi-kongsi covid-19 yang sudah dibentuk tingkat RT dan RW.

“Peran masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 sangat penting. Maka, mari kita bantu pemerintah dengan mematuhi imbauan untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan,” imbuh wakil rakyat tiga periode di parlemen Kota Padang itu.

Sebelumnya pengamat kesehatan dariPusat Kajian Lingkungan Hidup (PKLH) UNP dr. Elsa Yuniartimewanti-wanti peluang terciptanya cluster keluarga di saat banyaknya masyarakat yang terpapar covid-19. Apalagi saat ini masyarakat mulai tidak acuh terhadap protokol kesehatan.

“Ancaman terbesar adalah orang tanpa gejala (OTG) karena OTG tidak menyadari bahwa ia sakit dan bisa menularkan virus kepada siapa saja,” ucapnya.

Ia menambahkan cluster keluarga bisa tercipta karena sikap egois orangtua yang bekerja tanpa menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitasnya.

“Virus corona bermutasi dengan cepat, ini yang harus diwaspadai masyarakat. Oleh karena itu, kepada anggota keluarga harus menerapkan protokol kesehatan saat melakukan aktivitas di luar rumah,”pungkasnya.(bim)