18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Prediksi Timnas U19 Indonesia vs Arab Saudi U-19: Jadwal & Klasemen

ZAGREB, KP – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 melakoni laga terakhirnya dalam turnamen mini empat negara melawa Arab Saudi U-19, Jumat malam nanti (11/9) mulai pukul 21.30 WIB. Ini kesempatan bagi Garuda Muda mengukur kekuatan lawan jelang Piala Asia U19 2020 di Uzbekistan.

Baik Timnas Indonesia U19 maupun Arab Saudi U19 sama-sama menelan dua kekalahan dalam dua partai awal mereka di turnamen mini ini. Garuda Muda kalah 0-3 atas Bulgaria U19 pada Sabtu (5/9) dan kalah 1-7 dari tuan rumah Kroasia pada Selasa (8/9).

Catatan kekalahan Arab Saudi U19 jauh lebih baik. Usai ditundukkan Kroasia U19 secara tipis 3-4 pada Sabtu (5/9), ‘The Green Falcons’ tumbang 2-3 dari Bulgaria pada Selasa (8/9).

Sejak awal,Timnas Indonesia U19 tampil di Turnamen Kroasia memang bukan untuk langsung menuai hasil positif. Irfan Jauhari dan kolega lebih digeber untuk urusan fisik dan strategi. Namun, kalah telah 1-7 dari Kroasia nyatanya membuat Shin Tae-yong kecewa.

Dalam laga melawan Kroasia dan Bulgaria, pelatih Arab Saudi Damien Hertog menurunkan starting XI yang sama sekali berbeda. Jika melihat pendeknya waktu pemulihan, ‘The Green Falcons’ bisa saja menggunakan line-up saat kalah tipis dari Kroasia pada laga menghadapi Indonesia nanti.

Fakta bahwa lima gol Arab Saudi di Turnamen Kroasia 2020 diciptakan oleh lima orang berbeda bakal menarik. Ada Khalil Al Absi, Mohamed Maran, Hazza Al Ghamdi, Ayman Yahya, dan Issa Al Zikrullah yang bergantian merobek gawang lawan.

Catatan lain adalah lebih tajamnya Arab Saudi U19 di babak kedua. Empat dari lima gol mereka lahir di babak kedua. Hal tersebut akan berbahaya untuk Timnas Indonesia U-19. Kekalahan mereka saat kontra Bulgaria terjadi oleh tiga gol lawan sejak menit 78. Sementara itu, kala jumpa Kroasia, Indonesia U19 terkoyak empat kali dalam 45 menit terakhir.

Sementara itu, dalam laga jumpa Bulgaria dan Kroasia, terdapat beberapa pemain yang selalu dipilih Shin Tae-yong masuk starting XI. Mereka adalah Adi Satryo (kiper), Bayu Fikri, Rizki Ridho (bek), David Maulana, Komang Teguh, Witan Sulaeman (gelandang), dan duet Sadam Gaffar-Irfan Jauhari di lini depan.

Layak ditunggu apakah Timnas Indonesia U19 akan mempertahankan nama-nama terebut untuk partai terakhir di Turnamen Kroasia, atau mencari alternatif untuk persiapan Piala Asia U19 2020. Menjajal starting XI bisa saja jadi opsi untuk mengukur kekuatan Arab Saudi yang menghuni Grup C di Piala Asia bersama Australia, Vietnam, dan Laos.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Indonesia U-19: Adi Satryo; Bayu M. Fiqri, Rizky Ridho, Komang Tri Arta, Mochamad Yuda Febrian; David Maulana, Andi Irfan, Komang Teguh, Witan Sulaeman; Irfan Jauhari, Saddam Gaffar

Arab Saudi U-19: Raed Azibi, Bandar Darwish, Ali Fouad, Manaf Abu Yabis, Nawaf Al-Mutairi, Ahmed Al-Ghamdi, Faisal Al-Ghamdi, Khalil Al-Absi, Ayman Yahya, Haitham Asiri, Muhammad Maran

Tim          Main       Menang SG           Poin

Kroasia U19           3              0              +8           9

Bulgaria U19         3              0              +3           6

Arab Saudi U19    2              0              -2            0

Indonesia U19      2              0              -9            0