18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Usulkan Pemasangan Bronjong, BPSDA Sumbar Survei Aliran Batang Sianok

LUBUKBASUNG, KP – Balai Pengelola Sumber Daya Air (BPSDA) Wilayah Utara Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) melakukan survey aliran Batang Sianok, yang akan diusulkan untuk pembangunan dam dan pemasangan bronjong kepada Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V, Rabu (9/9).

Camat IV Koto, Ekko Espito mengatakan, pemasangan bronjong diusulkan lebih kurang sepanjang 1,8 kilometer, mulai dari Kandang Cubadak Tabiang Takuruang sampai Patamuan Batang Aia Sianok.

Menurut Ekko, saat ini Batang Sianok sudah semakin melebar, karena setiap tiba musim hujan airnya selalu meluap, sehingga banyak lahan pertanian masyarakat yang terkikis.

“Air sungai itu pun juga sudah mengikis bagian bawah Tabiang Takuruang, yang merupakan Geosite dari Geopark Ngarai Sianok-Maninjau,” ujarnya.

Kalau ini dibiarkan, katanya, tabiang takuruang bisa runtuh, yang akan mengakibatkan hilangnya icon wisata di aliran Batang Sianok tersebut.

Disamping pemasangan bronjong, juga diusulkan pembangunan sarana destinasi pariwisata di pinggir sungai itu, karena program BWS Sumatera V selain normalisasi dan pembangunan di wilayah sungai, juga melakukan penataan kawasan agar dapat menjadi kawasan wisata baru. (amc)