19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Diskominfo Kota Pariaman Adakan Sosialisasi Desa Statistik

PARIAMAN, KP – Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman adakan Sosialisasi Desa Kelurahan Statistik kepada dua desa dan satu kelurahan di Kota Pariaman, Kamis (10/9) di ruang rapat walikota. Sosialisasi itu diadakan dengan tujuan meningkatkan pemahaman unsur desa dan kelurahan yang mengelola data dan informasi di lingkungan pemerintahan desa dan kelurahan, serta melihat kesiapannya untuk menjadi percontohan. 

Saat ini, ada dua desa yang diusulkan sebagai desa statistik, yaitu Desa Sikapak Timur, Desa Sei.Pasak dan satu kelurahan, yakni Kelurahan Kampung Perak. “Desa dan Kelurahan yang ditunjuk itu hendaknya dapat memberikan data yang betul-betul real di lapangan secara objektif dan akurat. Sehingga tujuan pembangunan dapat tercapai karena seperti yang kita ketahui, mengumpulkan data tersebut adalah satu hal yang sangat sulit sekali,” ujar Kadis Kominfo Kota Pariaman Hendri, saat membuka sosialisasi tersebut.

Di samping itu, sosialisasi tersebut turut menghadirkan narasumber, yakni Kepala Bidang Layanan Komunikasi dan Informasi Oni Fajar Syahdi, beserta rombongan tim IT supportnya dari Dinas Kominfo Provinsi Sumatra Barat.

Oni mengungkapkan, ada tiga manfaat langsung dari penyelenggaraan sosialisasi Desa dan Kelurahan Statistik itu, yakni pemberdayaan masyarakat lokal sebagai petugas Statistik (Pokja), pemanfaatan Sistem Informasi serta Digitalisasi Data Statistik Desa-Kelurahan.

“Dengan adanya Pepres Nomor 39 Tahun 2019 Kabupaten/Kota berlomba untuk mewujudkan ketersediaan data guna mewujudkan keterpaduan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan yang harus didukung dengan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggung jawabkan, serta dikelola secara seksama, terintegrasi dan berkelanjutan,” tutur Oni.

Sementara Kadis Kominfo Kota Pariaman, Hendri menambahkan, nantinya diharapkan seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kota Pariaman akan menjadi Desa Kelurahan Statistik yang memiliki data yang akurat. Sehingga Kota Pariaman bisa menjadi kota statistik terbaik di Sumatra Barat. (war/mc)