18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

DPRD Padang Pelajari Cara Bengkulu Tanggulangi Covid-19

PADANG,KP – DPRD Kota Padang saat ini tengah melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Bengkulu dengan agenda mempelajari sistem penanganan covid-19 hingga bisa mendapat hadiah Rp3 miliar atas kecepatan membuat aturan dan penanganan covid-19.

Anggota DPRD Padang dari Fraksi Gerindra Budi Syahrial yang turut dalam rombongan kunker itu, Jumat (11/9), menjelaskan Walikota Bengkulu sangat konsisten dan peduli terhadap warganya dalam menyalurkan bantuan covid-19.

“Walikota Bengkulu Helmi Hasan memanfaatkan dana refocusing APBD dengan membelikan 10 kg beras dansekardus mie instan untuk tiap KK. Selain masyarakat yang ber-KK Kota Bengkulu, mahasiswa yang merantau di sana serta warga pendatang juga diberikan bantuan beras dan mie (rasmi) tersebut saat diberlakukan PSBBbeerapa waktu lalu,”ucapnya.

Budi Syahrial menerangkanagar warga tidak keluar rumah saat PSBB, Pemko Bengkulu memberikan bantuan rasmi tersebut sekali dua minggu.

“Bantuan dikucurkan tanpa pandang bulu, termasuk kepada PNS, TNI, dan Polri. Alasan Walikota Bengkulu Helmi Hasan semua orang terdampak covid-19.Beliau berani ambil resiko memberikan bantuan untuk semua warganya tanpa ada pengecualian. Ini yang kami tangkap dari studi banding ini,” tambahnya.

Ia menambahkan Pemko Bengkulu juga berkomitmen menerapkan denda lima masker jika ada warga yang kedapatan tidak memakai masker. Selain itudiberlakukan denda Rp1 juta kepada perusahaan yang tidak menerapkan standar protokol kesehatan dalam operasionalnya.

“Cara-cara inilah yang dilakukan Kota Bengkulu sehingga menjadi salah satu kota dengan tingkat paparan covid-19 terendah di Indonesia. Kita akan mencoba mengaplikasikan cara Kota Bengkulu itu di Padang,” tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut, selain Budi Syahrial, ikut dalam rombongan studi banding DPRD Kota Padang itu Elly Trisyanthi, Jumadi, dan Yuhilda Darwis. (bim)