27 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

HADIRI PESTA PERNIKAHAN, Paslon Nofi Candra dan Yulfadri Memasak Bersama ‘Kaum Hawa’

SOLOK, KP – Pasangan calon Bupati Solok H. Nofi Candra dan H. Yulfadri Nurdin, dikenal sangat dekat dengan semua kalangan masyarakat. Hal itu terlihat saat menghadiri sebuah pesta pernikahan anak mantan Ketua DPRD Kabupaten Solok, Alm. H. Syafri Dt. Sirimarajo, di Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kamis siang (10/9).


Saat paslon Bupati dan Wakil Solok itu hadir, mereka berdua langsung diminta kaum hawa Untuk ikut memasak rendang dan gulai lainnya. Pada kesempatan tersebut, paslon Nofi Candra dan Yulfadri Nurdin juga tampak menerima tantangan tersebut dengan ‘enjoy’ dan ikut bergabung memotong nangka bersama ibu-ibu dan dilanjutkan dengan mengaduk proses pematangan pembuatan rendang.

“Memasak gulai nangka ini adalah tradisi turun temurun di Koto Sani, nilainya adalah kebersamaan. Sebab, saat kita menghadiri pesta di rumah tetangga atau saudara, besoknya lagi atau kapan-kapan kita juga akan hadir bersama-sama di tempat saudara yang juga akan pesta,” terang Nofi Candra ketika ikut berbaur mengaduk gulai nangka bersama ibu-ibu.

Terlihat paslon Nofi Candra dan Yulfadri juga sangat terampil dalam mengaduk-aduk proses pematangan gulai nangka dan rendang serta diikuti tawa canda kaum ibu-ibu yang membaur. “Kami berharap bahwa pemimpin itu harus bisa bergaul dengan masyarakat kecil dan bukan kalangan atas saja. Sebab setelah jadi pemimpin mereka harus melayani masyarakat, bukan minta dilayani,” sebut Fanisa (29 tahun) tokoh wanita warga setempat.

Selain paslon Nofi Candra dan Yulfadri Nurdin, tokoh masyarakat setempat juga tampak ikut mengaduk masakan di kancah yang sedang dimasak. Anehnya lagi, setelah matang, gulai nangka yang dimasak habis dimakan para tamu yang hadir, seperti seluruh tokoh masyarakat setempat yang hadir. 

“Gulai nangka yang dibuat oleh bapak calon Bupati dan Wakil Bupati kita memang enak. Mudah-mudahan beliau bisa juga maramu Kabupaten Solok nantinya ke arah lebih baik seperti rasa gulai cubadak ini,” gurau tokoh masyarakat Koto Sani, Trio Karno Vivo.

Selain itu pada kesempatan tersebut suasana tampak begitu mesra karena semua kalangan tertawa lepas bersama calon pemimpin mereka. (wan)