24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

LIVERPOOL VS LEEDS SABTU (12/9) – 23.00 WIB Duel Dua Jawara Beda Kasta

LIVERPOOL, KP – Liga Primer Inggris musim 2018/2019 dimulai. Perang-perang besar antar tim-tim kuat akan mewarnai perjalanan Liga Inggris satu musim ke depan.

Di atas kertas, Liga Inggris adalah liga paling kompetitif dibandingkan liga-liga elite lainnya di dunia ini. Setidaknya ada enam tim besar yang punya kekuatan setara, yaitu Manchester City, Manchester United, Tottenham Hotspur, Liverpool, Chelsea, dan Arsenal.

Setelah dipermalukan Liverpool pada musim lalu, tim-tim lain tentu berusaha berbenah dan menambal kelemahan yang mencolok sehingga mereka bisa tampil kompetitif musim ini. Liga Inggris sendiri tak hanya sekadar persaingan tim-tim besar. Tim-tim papan tengah hingga tim-tim promosi tidak mau sekadar jadi penggembira.

Durasi Liga Inggris yang panjang, plus jadwal yang padat bagi klub-klub besar yang tampil di kompetisi Eropa bisa jadi celah bagi tim lainnya untuk membuat kejutan.

Laga perdana Liga Inggris 2020/2021 antara Liverpool melawan Leeds United, Sabtu malam nanti (12/9), di Stadion Anfield, diprediksi akan berjalan seru. Pertandingan ini sangat dinanti karena latar belakang kedua tim. Leeds United keluar sebagai juara Divisi Championship dan berhak naik kasta. Sedangkan Liverpool, sepertri yang sama-sama diketahui, adalah juara Premier League

Bagi skuat asuhan Jurgen Klopp, mereka tentu ingin menunjukkan kemampuannya di awal. Ya, The Reds yang notebene baru saja memutus kutukan Liga Inggris tak mau serta merta mengulang masa kelam dengan menangi pertandingan diawal musim. Gunakan kekuatan magis Anfield, mereka cukup yakin bisa unggul meskipun kemungkinan besar tanpa kehadiran sang kapten, Jordan Henderson.

Seperti diketahui Henderson mengalami cedera sehingga absen di laga Community Shield, tapi ia memiliki peluang untuk turut membantu tim di laga perdana ini. Pada kesempatan kali ini, Klopp akan mencoba peluang andalkan Takumi Minamino setelah penampilan impresif di laga pramusim.

Beralih ke kubu sebelah, 16 tahun tak pernah ikut serta di divisi utama membuat pelatih leeds Marcelo Bielsa enggan setengah-setengah mengawali musim. Mengetahui jika tingkatan kali ini berbeda karena melawan juara bertahan, ia optimis Leeds United bisa menang laga perdana.

The West Yorkshire boleh punya catatan tiga kali kalah di Anfield, tapi kini situasi berbeda usai mereka lakukan perombakan total di jendela transfer. Lewat kedatangan Rodrigo dari Valencia, Leeds yakini sang bintang bisa membantu terciptanya gol pembuka.

Secara head to head lima pertandingan terakhir, Liverpool boleh bersuka ria karena memiliki catatan empat kali menang dan sekali seri. Tapi patut diingat, Leeds United saat ini adalah tim yang berbeda sehingga bisa justru mengubah jalannya laga.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Liverpool (4-2-3-1): Alisson Becker, Kostas Tsimikas, James Milner, Sepp van den Berg, Joel Matip, Fabinho,  Naby Keita, Sadio Mane, Takumi Minamino, Mohamed Salah, Roberto Firmino  

Leeds United (3-3-3-1): Illan Meslier, Liam Cooper, Ben White, Luke Ayling, Stuart Dallas, Pascal Struijk, Mateusz Klich, Rodrigo, Ezgjan Alioski, Pablo Hernandez, Patrick Bamford. (ak/*)