14 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping Raih Harapan III Nasional Layanan PTSP

LUBUKSIKAPING, KP – Pengadilan Negeri Lubuksikaping Kabupaten Pasaman, berhasil menorehkan prestasi dengan meraih harapan III Nasional dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) tahun 2020.

Ketua Pengadilan Negeri Lubuksikaping, Cut Carnelia mengatakan, prestasi yang diraih itu dalam lomba pelayanan terpadu satu pintu kategori Pengadilan Negeri kelas II yang diselenggarakan Dirjen Badan Peradilan Umum Jakarta. “Alhamdulillah berkat kerja keras kita bersama berhasil meraih prestasi ini dengan harapan III Nasional sebagaimana yang tercantum dalam piagam penghargaan dengan nomor : 821/DJU/SK/HM/02.3/8/2020,” ujarnya, Jumat (11/9) kemarin.

Cut Carnelia menyampaikan, berbagai inovasi sudah dilakukan di bawah dua tahun kepemimpinannya di Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping. “Berbagai Inovasi layanan terus kita tingkatkan dalam menunjang dan mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan di Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping. Pada intinya kami berupaya semaksimal mungkin agar setiap masyarakat yang datang ke sini merasakan kenyamanan dengan fasilitas yang kami berikan. Di antaranya memberikan ruang tunggu tamu yang nyaman dilengkapi tempat minum kopi secara gratis. Jadi setiap masyarakat yang datang ke sini bisa duduk santai di ruang tunggu dengan disuguhkan minuman gratis,” katanya.

Kemudian dia juga mengaku sudah menyediakan klinik kesehatan gratis yang diperuntukkan bagi setiap tamu yang merasa kurang sehat untuk memeriksakan kesehatannya. “Selama ini klinik kesehatan ini memang ada. Akan tetapi belum maksimal karena tidak ditopang tenaga medisnya. Alhamdulilah berkat bantuan Dinas Kesehatan Pasaman saat ini, sudah ada tenaga medis lengkap dengan obat-obatannya bertugas di klinik kesehatan ini. Jadi bagi setiap masyarakat yang merasa kurang enak badan maupun sakit ringan bisa berobat langsung di sini,” katanya.

Di samping itu pihaknya juga menyediakan kursi dan jalur khusus bagi warga difabel yang datang ke Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping tersebut. “Ada ruangan ibu menyusui, taman bermain anak, tempat charger gratis, dan ruangan yang nyaman. Jadi bagi anak-anak yang datang kesini bisa bermain dengan berbagai wahana permainan di samping halaman kantor. Kemudian kita juga sudah tata dengan baik lapangan parkir, kantin dan musala. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan layanan terbaik saat ke sini,” katanya.

Selanjutnya kata dia, pihaknya juga menyediakan aplikasi khusus aduan masyarakat yang bernama Siwas dan situs pengurusan surat keterangan Eraterang.com. “Jadi masyarakat bisa memberikan aduan jika ada pelayanan kami yang kurang baik melalui aplikasi Siwas tersebut. Kemudian bagi warga yang mau mengurus surat keterangan bisa langsung masuk ke situs Eraterang.com. Jadi tidak perlu lagi antri di sini. Bisa diakses dari rumah atau tempat kerja dan tinggal mengambil berkas suratnya yang sudah siap ke sini,” katanya.

Saat ini lanjutnya, Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping merupakan salah satu Pengadilan Negeri di Sumbar yang diusulkan mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) tahun 2020. “Kita berharap dengan diusulkannya pencanangan WBK ini, bisa kita raih dengan baik. Mohon doa dan dukungan bersama. Jika ini tercapai, berarti Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping satu-satunya instansi vertikal yang pertama memperoleh predikat WBK di Pasaman,” katanya.

Sementara itu Bupati Pasaman Yusuf Lubis, mengaku sangat mengapresiasi berbagai inovasi yang sudah bergulir di Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping. “Apresiasi setinggi-tingginya kita sampaikan kepada jajaran Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping atas torehan prestasinya. Ini semua tentu tidak lepas dari keseriusan dan kegigihan kita bersama dalam mewujudkan inovasi ini. Semoga masyarakat akan semakin nyaman dengan inovasi layanan yang diberikan,” kata Yusuf Lubis.

Yusuf Lubis mengaku, akan terus mendukung setiap program yang dilakukan Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping ke depannya, yang baik untuk masyarakat. (nst)