18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Seluruh Personel Kejaksaan Negeri Pasbar Ikuti Tes Swab

SIMPANGEMPAT, KP – Pasca diketahuinya salah seorang dari staf di Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) positif Covid-19. Jumat (11/9), pihak Kejaksaan Negeri langsung melakukan tes swab massal sebagai langkah deteksi dini. Tes swab yang dipusatkan di lingkungan Kejaksaan Negeri itu diikuti sebanyak 88 orang petugas Kejaksaan Negeri Pasbar bersama masyarakat setempat.

Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Pasbar, Elianto mengatakan, personelnya yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu berinisial SP (32 tahun) yang merupakan staf di bagian tata usaha. “Kemarin beliau telah dievakuasi gugus tugas dan saat ini telah menjalani isolasi,” katanya di Simpangempat.

Dijelaskannya, SP terpapar Covid-19 diduga pernah kontak dengan pasien positif Covid-19 sebelumnya.

Sementara Juru Bicara tim Teknis Gugus Tugas Covid-19, Gina Alecia mengatakan, tes swab dilakukan sebagai hasil tracing tim gugus tugas. Di mana setiap yang diduga pernah kontak dengan tiga pasien positif Covid-19 sebelumnya, maka langsung menjalani tes swab. “Kemarin kita langsung lakukan tracing terhadap siapa saja yang kontak dengan pasien positif, sehingga kita bisa memutus penyebaran Covid-19,” ujarnya kepada wartawan.

Dikatakannya, tiga pasien positif Covid-19 kemarin merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) dan kondisi kesehatannya sangat stabil. “Setelah kita swab, sample tersebut akan diantarkan ke Labor Unand. Sambil menunggu hasil swab keluar, masyarakat yang kontak erat dengan ketiga pasien positif Covid-19 diminta isolasi mandiri. Sedangkan masyarakat yang tracing level dua atau tidak kontak erat diminta tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan sampai hasil swabnya keluar,” lanjut Gina Alecia.

Hingga hari ini (kemarin-red) kata Gina, tercatat 36 orang pasien positif Covid-19 di Pasbar dan pasien yang dinyatakan sembuh sejumlah 18 orang. Sehingga total saat ini yang masih menjalani isolasi ada sebanyak 18 orang lagi. “Pasien yang masih positif kini tengah menjalani isolasi di RSUD dan Balai Diklat BKPSDM Talu,” lanjutnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Gugus Tugas juga meminta agar masyarakat bisa berpartisipasi dalam pencegahan Covid-19, yaitu dengan cara jujur dan mematuhi aturan protokol Covid-19. “Mari kita bersama-sama menjaga diri dan menghindari kerumunan, jaga jarak serta meningkatkan daya tahan tubuh dengan berolahraga dan minum vitamin,” pungkasnya mengakhiri. (rom)