14 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Sosialisasi Pandemi Covid-19, GOW Tanahdatar Kunjungi Nagari Kumango

BATUSANGKAR, KP – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) merupakan organisasi yang berperan dalam pengembangan, peningkatan peran, kualitas dan wawasan kaum perempuan agar mampu berdaya guna dalam kehidupan sosial di tengah masyarakat.Terkait hal itu, GOW Tanahdatar yang diketuai Ny. Retri Zuldafri Darma bersama jajaran pengurusnya dan didampingi Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Dinas Kesehatan melaksanakan kunjungan kerja ke Nagari Kumango, Kecamatan Sungai Tarab, Jumat (11/9).


“GOW mempunyai berbagai program kegiatan, seperti kegiatan kemasyarakatan yakni Goro bersama yang telah kita laksanakan beberapa waktu lalu di Nagari Pariangan. Dan hari ini pada bidang pendidikan kita laksanakan sosialisasi tentang Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini dengan narasumber Kabid P2P Dinkes Roza Mardiah,” ungkap Ny. Retri.


Tentunya tambah Ny. Retri, pihaknya berharap agar para kader Nagari Kumango serius mengikuti sosialisasi dan penyampaian informasi yang diperoleh dari narasumber. “Insya Allah, nanti narasumber kita akan menyampaikan informasi terkait Covid 19, dimulai dari apa itu Covid-19, cara menularnya hingga cara mengatasi atau meminimalisir penyebarannya. Karena itu tentu diharapkan semua mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.


Sementara itu Wali Nagari Kumango Iis Zamora Putra, menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan sosialisasi di nagari Kumango. “Terima kasih atas kunjungan Ketua GOW bersama jajarannya dan narasumber yang akan menyampaikan paparannya, karena memang memerlukan juga informasi akurat tentang Pandemi Covid 19 ini,” ujarnya.


Selanjutnya Iis Zamora berharap, kader dan ibu-ibu yang ikut sosialisasi hendaknya juga menyampaikan informasi yang diperoleh kepada keluarga ataupun masyarakat sekitarnya. “Kader dan ibu-ibu yang hadir ini hendaknya menjadi pionir ataupun penyampaian informasi yang diperoleh dalam sosialisasi, terutama tentang Covid-19. Sehingga mata rantai penyebaran pandemi ini bisa terputus, setidaknya mulai dari kita di Nagari Kumango ini,” tukas Iis Zamora.


Sedangkan Kabid P2P Dinas Kesehatan, Roza Mardiah mengungkapkan, betapa masih tingginya intensitas dan perkembangan kasus terkonfirmasi Covid-19 di dunia, Indonesia, Sumbar dan bahkan Tanahdatar. “Sebagaimana kita tahu, betapa banyaknya kasus positif terpapar Covid-19 yang terjadi, tidak hanya menimbulkan korban jiwa, baik dari masyarakat maupun dari tenaga kesehatan namun juga berdampak pada sektor ekonomi dan sosial,” ungkap Roza.


Karena itu tambah Roza, diharapkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. “Guna memutus ataupun menghindari Covid 19, patuhi protokol kesehatan seperti cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, hindari kerumunan, atur jarak dan yang terpenting memakai masker. Apalagi Pemda telah keluarkan Peraturan Bupati tentang sanksi bagi masyarakat yang tidak memakai masker berupa denda ataupun kerja sosial. Itu semua untuk memutus penyebaran Covid-19 di daerah kita,” tukasnya.

Selain itu pada kesempatan tersebut Ketua GOW bersama Wali Nagari, Ketua TP PKK Nagari memberikan masker kepada ibu-ibu kader yang terlupa membawa masker, sebagai bentuk dukungan gerakan memakai masker dan memenuhi aturan protokol kesehatan dalam melaksanakan sebuah kegiatan. (nas)