18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Dinas Pertanian Bekali Narapidana Keterampilan Bertani

SOLOK, KP – Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pertanian bersama Lapas Kelas IIB Kota Solok mengadakan pelatihan selama 42 hari untuk membekali para narapidana. Pembekalan yang diikuti 20 warga binaan tersebut, mayoritas diikuti peserta masih berusia muda dan semuanya berjenis kelamin laki-laki. Acara yang dilangsungkan pada 9 September hingga 27 Oktober itu bertempat di Lapas Kelas IIB Kota Solok. Dengan menghadirkan narasumber yakni dari Tim Dinas Pertanian Kota Solok.

Sedangkan materi pelatihan tersebut mencakup komoditas yang dibutuhkan masyarakat dan bernilai bisnis sekaligus menarik minat para peserta. Yang mana materi mencakup tanaman sayuran, palawija, buah, perkebunan, peternakan, perikanan dan pengolahan hasil pertanian. Prospek itu diambil karena bertani adalah salah satu cara mendapatkan penghasilan dengan mudah dan tidak membutuhkan modal besar. Apalagi kondisi pandemi Covid-19 menuntut setiap orang selalu di rumah dan bertani menjadi primadona baru sekaligus menghilangkan kejenuhan.

Di samping itu, pelatihan tersebut telah dibuka pada 7 September lalu, dengan dihadiri Kepala Lapas IIB Kota Solok Andi Mulyadi, Sekretaris Dinas Pertanian Kota Solok Refendi, Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kota Solok, Zeldi Efiza dan jajaran dari masing-masing instansi.

Kepala Lapas IIB Kota Solok, Mulyadi mengatakan, pentingnya membekali narapidana dengan keterampilan. Dengan demikian jika setelah bebas, para napi mempunyai alternatif usaha untuk memperoleh pendapatan. “Di tengah Pandemi Covid-19, usaha sektor pertanian menjadi pilihan yang tepat,” ujar Kalapas.

Lebih lanjut, Mulyadi juga mengharapkan agar seluruh peserta menyimak materi yang disampaikan narasumber nantinya sehingga keterampilan itu dapat dipraktekkan untuk mendapatkan penghasilan setelah bebas.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pertanian Kota Solok, Refendi mengatakan, sektor pertanian menjadi sektor paling stabil semenjak mewabahnya Covid-19. Refendi juga menuturkan, tim dari Dinas Pertanian Kota Solok siap melatih para peserta sesuai jadwal yang ditentukan. Selain itu, narasumber nantinya merupakan ahli di bidang masing-masing dari penyuluh maupun petugas teknis lainnya. (van)