14 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

SANKSI ADMINITRATIF HINGGA KURUNGAN MENUNGGU, Elly Thrisyanti: Masyarakat Harus Peduli Kondisi Saat ini

PADANG,KP- Peraturan Daerah (Perda) tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (Perda AKB) disahkan. Perda berisi aturan soal sanksi denda hingga kurungan bagi pelanggar protokol kesehatan pencegahan Covid-19 ini mulai disosialisasikan.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, Perda AKB sangat penting bagi upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Sumbar.

Gubernur Irwan juga mengatakan sebelumnya pemda telah memiliki Pergub, Perwako dan Perbup, namun semuanya ternyata tidak efektif untuk membiasakan dan memaksa masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan Covid-19, karena konteksnya sanksi administratif.

Sementara Ketua Komisi I DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti ketika di hubungimedia ini,Minggu (13/9) mengatakan, dengan telah dilahirkannya dan disahkanya Perda AKB merupakan suatu kebijakan yang sangat tepat sekali untuk saat ini.

“Beberapa waktu lalu, kita sudah mencanangkan New Normal. Namun di masa New Normal ini masyarakat banyak kebablasan. Banyak terjadi di tengah masyarakat yang tak peduli akan pentingnya mematuhi aturan protokol kesehatan,” jelasnya.

Tidak kita pungkiri lagi bahwa virus Corona ini ada ditengah – tengah kita.Namun yang menjadi persoalan banyak pelanggaran- pelanggaran yang terjadi di tengah masyarakat dengan mengabaikan protokol kesehatan.

“Kita sudah nyinyir berulang kali mengimbau dan menyampaikan pada masyarakat agar mematuhi peraturan pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tapi masih banyak saja masyarakat kita yang kurang peduli dengan hal itu,” terangnya.

Menurut Elly Thrisyanti, dengan diterapkannya sanksi administratif serta sanksi pidana ancaman kurungan penjara yang dikeluarkan melalui Perda AKB merupakan salah satu cara untuk membuat efek jera bagimasyarakat pelanggar protokoler kesehatan.

“Sebenarnya kita tidak tega masyarakat terkena sanksi. Tapi saat ini masyarakat banyak juga yang belum sadar tanpa menghiraukan protokol kesehatan, karena tak ada sanksi yang kuat dan tegas,” pungkas Elly.

Untuk lebih mengefektifkan penerapan Perda RKB ini dikatakan Elly, pemerintah dengan melibatkan RT/RW harus mendatangi peluang terjadinya tempat-tempat keramaian, seperti acara perkawinan dan acara-acara lainnya. Hal ini jelas berfungsi dalam penerapan perda itu sendiri.

Namun kita tidak ingin Perda yang telah di buat hanya retorika saja. Perlu pengawasan,sosialisasi yang betul betul serius,dan yang paling utama adalah kesadaran masyarakat. Pandemi Covid-19 ini adalah tugas kita bersama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini.

“Selalu menerapkan protokol kesehatan,dan utama sekali keluar rumah harus kenakan masker,” pungkasnya.

Terakhir Elly Thrisyanti menyampaikanKota Padang juga akan segera mengeluarkan Perda AKB ini. Saya salahnya ada dalam pansus pembahasan Perda ini dan draf Kumhamnya sudah ada sekarang di Pemko, secepatnya akan kita bahas untuk di sahkan,” pungkas Srikandi DPRD Kota Padang dari Frakksi Gerindra ini.(bim)