18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

TERGOLONG DAERAH RAWAN BENCANA, Pessel Selayaknya Memiliki Kantor Pencarian dan Pertolongan

PAINAN, KP – Sebagai salah satu daerah yang tergolong rawan tertimpa berbagai bencana, kehadiran kantor pencarian dan pertolongan di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) sangatlah layak dan sudah merupakan kebutuhan.

Kehadiran kantor tersebut dinilai akan memiliki kontribusi yang besar dalam memberikan pertolongan guna meminimalisir kerugian akibat bencana alam, baik gempa bumi, banjir, tanah longsor, maupun kapal tenggelam.

Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Pessel, Erizon menyampaikan, di Sumbar kantor pencarian dan pertolongan hanya ada di dua daerah, yakni di Kota Padang dan Kepulauan Mentawai.

“Saat ini kantor pencarian dan pertolongan di Sumbar hanya ada di dua daerah yakni Kota Padang dan Kepulauan Mentawai. Karena Pesisir Selatan juga memiliki berbagai potensi bencana, sehingga kami berharap kantor itu juga ada di daerah ini,” katanya, baru-baru ini. 

Dia juga menyampaikan, saat ini jumlah penduduk di Pessel sudah mencapai 550 ribu jiwa. Dari jumlah itu, sebagian besarnya bermukim di wilayah pesisir pantai dan bantaran sungai.

“Berdasarkan hal itu, sehingga mereka rentan bisa tertimpa berbagai bencana. Melalui kehadiran kantor pencarian dan pertolongan itu, maka tindakan cepat akan bisa dilakukan oleh petugas melalui dukungan sarana dan prasarana memadai,” harapnya.

Karena kewenangan pendirian kantor pencarian dan pertolongan itu ada di pusat, sehingga daerah itu akan melakukan upaya ke instansi terkait agar mendapatkan prioritas pendirian kantor tersebut.”Sebab tanpa upaya dan perjuangan, apa yang diharapkan oleh masyarakat akan sulit tercapai,” timpalnya. (mas)