29 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Calon Gubernur Hebat

EMPAT tokoh ternama Sumbar sekarang sedang berusaha mendapatkan dukungan maksimal untuk jadi pelanjut pemerintahan Gubernur Irwan Prayitno yang telah dua periode jadi ‘tungganai’ ranah adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah.

Sepuluh tahun kepemimpinan Gubernur Irwan terasa pendek saja. Sekarang, tanah Minang yang tengah dilanda musibah pandemi yang belum tentu kapan berakhir ditakdirkan berganti kepemimpinan.

Di tengah serangan corona yang semakin menggila, kita harus mencari dan memilih pemimpin.Tokohnya sudah sama-sama kita ketahui. Pak Nasrul Abit, Mahyeldi, Mulyadi, dan Fakhrizal. Mereka berempat hebat semuanya, tentu dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing sebagai manusia biasa ciptaan Allah SWT.

Siapapun dari empat tokoh unggulan kita ini yang akan jadi Gubernur, Insya Allah sukses melanjutkan pemerintahan berikutnya. Kita berharap situasi hidup ‘badunsanak’ terus terpelihara. Silahkan masing-masing kandidat saling tebar pengaruh pada pemilih yang rata-rata kecerdasannya terus meningkat. Tak perlu saling jelek-menjelekkan, menfitnah, dan mematikan lampu pesaing.

Empat tokoh unggulan yang tampil ke tengah gelanggang sebenarnya sudah ditakdirkan oleh Yang Maha Kuasa. Siapa yang paling banyak meraih simpati rakyat baru bisa diketahui nanti pada 9 Desember 2020 atau sekitar 85 hari lagi dari sekarang.

Masa-masa merebut simpati pemilih jelas membutuhkan energi yang tak boleh kendur. Terus bersemangat. Berjuang terus, siang dan malam.

Bagaimanapun strategi yang dipakai merebut hati pemilih, harus dipahami bahwa ‘kakobeh’ urang awak memang agak unik. ‘Alun takilek alah takalam’. Payah-payah saja menerka kehendak mereka. Termasuk menyebutkan calon unggulannya. ‘Dakek awak diiyokannyo, dari bulakang dicibiakannyo’. Kemari susah. Begitulah.

Bagaimanapun, sudah sering kita memilih pemimpin dan memang yang dipercayai rakyat kinerjanya terbilang memuaskan. Negeri ini makin ‘tacelak’. Beragam hasil pembangunan sudah kita nikmati. Tentu saja, pembangunan terus berlanjut. Semoga gubernur pilihan rakyat pada Pilkada 9 Desember 2020 nanti, adalah sosok yang benar-benar sesuai dengan kehendak rakyat, terutama dalam kinerjanya dalam memimpin ranah bertuah ini.

Yang perlu diingat, pemilih sekarang semakin kritis dalam menjatuhkan pilihannya. Tentu hanya seorang saja dari empat calon itu yang paling ungguldan beliaulah tungganai awak untuk lima tahun mendatang. Kita berharap Pilkada di Sumbar sukses, terjauh dari berbagai problema mengecewakan. Insya Allah. *