19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

PDAM Tirta Alami Tanahdatar Berkomitmen Akan Berikan Kontribusi Ke Daerah

BATUSANGKAR, KP – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Alami Tanahdatar berkomitmen akan memberikan kontibusi ke daerah. Hal itu tertuang dalan Bisnis Plan PDAM Tirta Alami tahun 2020-2024.

Direktur PDAM Tirta Alami Tanahdatar, Mhd Nazwir mengatakan, bisnis plan disusun untuk menentukan arah dan tujuan dalam menjalankan aktivitas perusahaan lima tahun ke depan. Sehingga bisa memberikan kontribusi pendapatan asli ke daerah dalam bentuk setoran tunai. “Bisnis plan ini disusun, telah berpedoman pada Permendagri nomor 118 tahun 2018,” ujarnya kepada KORAN PADANG, di sela-sela sosialisasi Bisnis Plan kepada stakholder terkait di Emersia Hotel Resort Batusangkar, Senin (13/9).

Di samping memberikan kontribusi ke daerah jelasnya, PDAM telah membantu sebagian besar tanggungjawab daerah dalam penyelenggaraan air bersih kepada masyarakat Tanahdatar. “Kita tetap berkomitmen memberikan pelayanan umum pengelolaan air bersih dan air minum untuk masyarakat. Serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dengan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui pendapatan asli daerah,” ucapnya.

Sementara Wakil Bupati Tanahdatar, Zuldafri Darma ketika membuka sosialisasi, menekankan kepada jajaran perusahaan untuk menyamakan spirit dalam menumbuhkembangkan layanan dan bisnis ke depannya. “Di usia yang memasuki kurang lebih 40 tahun, hendaknya PDAM bisa hadir di tengah-tengah pelanggan untuk memenuhi kebutuhan,” katanya.

Disebutkan Wabup, meski ada persoalan yang dihadapi pihak perusahaan, baik itu terkait persoalan layanan maupun cakupan. “Persoalan cakupan, baru hanya sekitar 32 persen masyarakat yang terlayani. Termasuk masalah tingkat kebocoran, ini patut kita evaluasi dan koreksi, serta cari tahu apa akar masalahnya?,” pinta Wabup.

Semuanya itu kata Wabup, bisa diminimalisir dengan dukungan penuh semua stakholder, serta berkomitmen bersama melahirkan inovasi dan langkah-langkah yang tepat serta terukur. Menurut Wabup, jika PDAM mampu dan bisa memberikan kontribusi kepada daerah, tentu lebih bagus dan keberadaannya akan terlihat. “PDAM potensinya sangat diharapkan masyarakat dan pemerintah dalam membangun daerah. Kontribusinya sangat ditunggu,” terangnya.

Di samping bisnis ungkapnya, masalah sosial kemasyarakatan PDAM juga tidak bisa dikesampingkan. “Sosial kelihatan dan bisnis menguntungkan,” tukasnya.

Sedangkan Ketua Komisi II DPRD Tanahdatar Dedi Irawan, melalui penyusunan bisnis plan bisa menyamakan persepsi dan melakukan lompatan kemajuan PDAM dalam memberikan layanan kepada masyarakat dan meningkatan pendapatan. “Saat ini PDAM Tirta Alami trendnya agak naik dan dibutuhkan langkah inovatif untuk kemajuan ke depannya,” tutur Ketua Fraksi Perjuangan Golkar DPRD Tanahdatar itu.

Dikatakannya, DPRD secara lembaga tentu akan memberikan dukungan kepada pihak perusahaan untuk kemajuan. Baik itu kemajuan di bidang layanan maupun pendapatan. “Kalau meningkatkan pendapatan daerah, kenapa tidak kita biayai. Asal untuk kemajuan daerah, kita siap memberikan bantuan dan dukungan penuh kepada PDAM,” terangnya. (nas)