Antisipasi Banjir, Sedimen Drainase di Rawang Dikeruk

admin

PADANG, KP – Untuk mengantisipasi banjir, Kelurahah Rawang di Kecamatan Padang Selatan melakukan pengangkatan atau pengerukan sedimen dari saluran air atau drainase.

Lurah RawangAndi Amir mengatakan saat ini pengangkatan sedimen itu baru dilakukan pada induk drainase di jalan utama. Setelah itu dilanjutkan dengan melakukan pembersihan di gang-gang milik warga. Menurutnya, pengangkatan sedimen itu sudah dilakukan sejak beberapa minggu belakangan dengan kedalaman mencapai dua meter.

Andi Amir berharap pengkatan sedimen itu bisa memperlancar aliran drainase sehingga ketika hujan turun tidak terjadi lagi genangan dan banjir.

Pembangunan Kantong Lumpur

Di sisi lain, Lurah Andi Amir mengatakanuntuk menyelesaikan banjir di Rawang sebenarnya sudah dialokasikan anggaran untuk pembangunan kantong lumpur.Namun, pembuatan kantong lumpur itu tertunda sebab anggarannya dialihkan untuk penanganan covid-19.

“Kantong lumpur itu akan menyaring lumpur saat hujan di Bukit Karan. Hanya air hujan yang turun ke Jondul Rawang, sedangkan lumpur tertahan di kantong lumpur. Kantong lumpur ini rencananya akan dipasang di Karan, drainase tempat turun airdi tepi bukit,”jelasnya.

Karena anggaran untuk itu dialihkan untuk penanganan covid-19 maka pihaknya akan mengusahakan lagi anggarannya ke PUPR pada tahun 2021 nanti. (ip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gubernur Irwan Prayitno Sosialisasikan Perda AKB di Pantai Padang

PADANG, KP – Pasca-disahkannya Perda Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam pencegahan dan pengendalian covid-19, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno melakukan sosialisasi perda tersebut kepada masyarakat di kawasan Danau Cimpago Pantai Padang, Senin sore (14/9). Sosialisasi dimulai sekitar pukul 16.30 WIB hingga pukul 17.30 WIB yang diikuti sejumlah pimpinan OPD Pemprov Sumbar […]