29 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Empat Paslon Belum Memenuhi Syarat Ikuti Pilkada Tanahdatar

BATUSANGKAR, KP – Empat pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tanahdatar belum memenuhi syarat untuk mengikuti pilkada Tanahdatar 2020. Kekurangan syarat tersebut telah diserahkan KPU kepada partai pengusung untuk dilengkapi dalam masa perbaikan.
Hal itu dikemukan Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPUD Tanahdatar, Erlonadi kepada KORAN PADANG, via telpon selulernya, kemarin.
Menurut Erlonadi, sesuai hasil pleno verifikasi berkas calon, ditemukan ada dokumen yang diserahkan keempat pasangan calon belum memenuhi standar persyaratan.
“Ada dokumen yang diserahkan paslon belum standar, seperti sedang mengurus surat yang ada tanda bukti mengurus atau sedang proses, serta legalisir ijazah harus menurut kriteria Kemendikbud, kalau sekolah nya tidak ada yang melegalisir ijazah SLTA-nya maka dapat dilakukan di Dinas Pendidikan provinsi, dan jika masih ada, dilegalisir oleh sekolah yang bersangkutan,” ujarnya.
Disamping itu, khusus mengenai tes kesehatan dan narkoba, keempat paslon tidak ditemukan ketidakmampuan.”Masalah kesehatan, IDI merekomendasikan mampu semuanya, begitu juga Narkoba, hasil pemeriksaan BNN keempatnya paslon negatif,” ungkapnya.
Disebutkan dia, keempat paslon bervariasi, ada yang satu dan ada yang dua. Termasuk masalah nama bukti pendaftaraan, pihaknya merekomendasikan harus sesuai KTP, termasuk pengetikan sesuai penempatan.
Kekurangan berkas persyaratan calon tersebut pihaknya memberikan kesempatan dalam masa perbaikan dari 14 September (kemarin- red) sampai 16 September (hari ini-red).
“Kami masih memberi ruang dimasa perbaikan, jika dimasukan akan diverifikasi, dan akan dipleno kembali Rabu (16/9) besok. Apa memenuhi syarat atau belum,” pungkasnya. (nas)