KEMBANGKAN KOMIDITI IKAN HIAS, BBI Kota Solok Diarahkan Menjadi Tujuan Wisata Semua Kalangan

SOLOK, KP – Balai Benih Ikan (BBI) Kota Solok yang terletak di Kelurahan Laing, kembali menjadi tujuan kunjungan. Sebanyak 15 mahasiswa Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) mengunjungi BBI. Rombongan diterima oleh Kepala UPTD Balai Benih Ikan Riri Kurniawan, Minggu (13/9).

Selama seharian di BBI, mahasiswa belajar pengenalan ikan, jenis ikan yang dibibitkan di BBI, alur pembibitan di BBI, jenis sarana prasarana, perawatan dan pemeliharaan ikan serta manajeman administrasi di BBI. Sembari belajar, mereka juga menikmati alam yang sejuk di komplek balai tersebut. Di samping itu, mahasiswa UMMY yang berkunjung merupakan mahasiswa KKN yang ditempatkan di Kelurahan Laing dan mereka juga berusaha mengabdikan diri kepada warga di sektor perikanan.

Kepala UPTD, Riri Kurniawan mengatakan, BBI Kota Solok selain sebagai sentra pembibitan ikan, juga melayani edukasi kepada masyarakat yang ingin belajar pembibitan ikan. “Selama ini tidak hanya masyarakat Kota Solok yang datang berkunjung, bahkan tahun lalu BBI yang pernah menjadi terbaik nasional ini dikunjungi dinas dari luar Pulau Sumatra,” terangnya.

Disebutkannya, BBI Kota Solok telah mengalami beberapa perkembangan. Komoditi ikan hias menjadi primadona baru untuk menggaet generasi muda agar beraktivitas yang produktif. Kemudian selain membibitkan ikan hias, BBI Kota Solok juga membina pelaku utama dan pelaku usaha sektor perikanan di Kota Solok.

Salah satu inovasi yang telah berkembang tersebut, yakni aquascape yang bernilai seni dan nilai jual tinggi. Anak muda didorong berkreasi seputar akuarium dan ikan hias yang indah dipandang mata dan bisa dibisniskan, sehingga hobi tersalurkan, pendapatan lancar.

Tahun ini, dia juga merintis inovasi yang berjudul “Kaba Basamo” (Kawasan Agrowisata Balai Benih Ikan Sarasah Batimpo) Kota Solok. Selain sebagai pusat pembibitan dan pusat belajar, BBI Kota Solok juga diarahkan untuk lokasi wisata bagi semua kalangan. Setelah berfungsinya jalan lingkar utama nantinya, juga diharapkan membawa dampak positif bagi berkembangnya BBI. (van)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Balitbu Tropika dan Distan Lakukan Tanam Perdana Tumpang Sari Padi dan Pisang

Sel Sep 15 , 2020
SOLOK, KP – Kota Beras Serambi Madinah sangatlah cocok untuk disematkan kepada Kota Solok. Kota Solok memiliki luas sawah 874,6 hektare dengan mayoritas petaninya merupakan petani padi sawah. Serta beras Solok sudah sangat terkenal di dalam maupun di luar Provinsi Sumatra Barat. Sedangkan untuk tanaman pisang belum sepenuhnya dilirik petani Kota […]