19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Bupati Ali Mukhni Salurkan Beasiswa Untuk 198 Hafiz Quran

PARITMALINTANG, KP – Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni beserta Baznas Padangpariaman menyerahkan beasiswa untuk Hafiz dan Hafizah se-Kabupaten Padangpariaman, Rabu (16/9) di Masjid Raya Padangpariaman.

Dalam sambutannya, Bupati Ali Mukhni mengucapkan terimakasih kepada seluruh guru TPA yang telah mendidik hafiz alquran sebagai generasi penerus bangsa. “Sebagaimana terdapat dalam hadist, tiga amalan yang tidak pernah putus yakni sedekah jariah, doa anak soleh serta ilmu bermanfaat. Dengan bapak dan ibu mengajarkan alquran kepada anak-anak kita ini, merupakan ladang pahala yang tidak akan putus serta dapat menjadi bekal di akhirat nanti,” tuturnya.

Kemudian ia juga mengapresiasi Ketua Baznas beserta jajaran karena telah peduli terhadap pendidikan generasi muda penerus bangsa di Kabupaten Padangpariaman. “Kami juga sering mengimbau kepada seluruh Muzakki agar menyalurkan zakatnya di Baznas Padangpariaman, karena zakat yang diberikan akan disalurkan dengan semestinya. Seperti penyaluran beasiswa ini sebagai bentuk dukungan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya di Padangpariaman,” sambungnya.

Bupati yang juga pensiunan guru itu mengingatkan agar para hafiz dan hafizah jangan pernah berhenti membaca alquran, karena alquran merupakan pegangan dunia akhirat serta untuk keselamatan di dunia dan akhirat.

Senada dengan itu, Ketua Baznas Kabupaten Padangpariaman, Rahmat Tuanku Mudo mengatakan, itu merupakan salah satu program Baznas Padangpariaman dalam mencerdaskan kehidupan generasi muda di Padangpariaman.

“Kami juga selalu mengimbau agar para Muzakki baik yang di ranah maupun di rantau agar menyalurkan zakatnya di Baznas Padangpariaman. Karena melalui program-program yang ada di Baznas, zakat tersebut dapat disalurkan dengan semestinya,” terangnya.

Ia menambahkan, Baznas juga akan menyiapkan SK untuk para amil zakat baik di tingkat kecamatan maupun tingkat nagari. selain itu, beasiswa yang disalurkan kepada 198 hafiz dan hafizah itu yakni sebanyak Rp 150.000 untuk penghafal 1-4 jus dengan jumlah 160 hafiz. Kemudian Rp 200.000 untuk penghafal 5-9 juz bagi 33 orang, Rp 500.000 untuk penghafal 10-19 juz sebanyak 3 orang, Rp 750.000 untuk penghafal 20-29 juz bagi satu orang dan untuk penghafal 30 juz mendapatkan Rp 1.000.000, yakni satu hafiz. (war)