18 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Ketua Tim Pemenangan NA-IC Sambangi Markas “Kuli Tinta”

LIMAPULUH KOTA, KP- Ketua Tim pemenangan pasangan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Nasrul Abit-Indra Catri (NA-IC) untuk daerah Kabupaten Limapuluh Kota, Khairul Apit datangi Balai Wartawan (BW) Luak Limapuluha untuk bersilaturahmi, Selasa sore (15/9).

Kedatangan Khairul ke markas para kulitinta yang bertugas di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota itu bersama Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Deni Asra, yang sekaligus juga Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Limapuluh Kota.

“Sebagai tim pemenangan pasangan NA-IC, kita berusaha untuk menyosialisasikan visi dan misi yang diusung pasangan NA-IC diantaranya, bidang perekonomian masyarakat yang perlu ditingkatkan,” ujar Khairul Apit yang juga Ketua Fraksi Partai Gerindra di DPRD Limapuluh Kota itu.

Khairul Apit menyebutkan, Kabupaten Limapuluh Kota sebagai daerah pertanian, perkebunan dan peternakan, akan mendapat perhatian khusus dari pasangan calon NA-IC, tentunya, jika masyarakat Sumbar memberikan amanah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar.

Diakui Khairul Apit, khusus di Kabupaten Limapuluh Kota yang punya produk unggulan seperti komoditi gambir, tapi harganya akhir akhir ini anjlok sehingga ekonomi warga terpukul. Prioritas lain jeruk Siam Gunung Omeh saat panen serentak harga turun, akan dicarikan solusinya oleh Nasrul Abit jika terpilih sebagai gubernur.

Disisi lain, Gunung Omeh sebagai basis pengembangan Jesigo, telah diikuti kecamatan lain. Jika panen melimpah harga anjlok, daya beli rendah, Nasrul Abit akan mencarikan solusinya. tak hanya itu, harga kakao juga akan diperhatikan disamping persoalan pupuk yang kian meningkat.

Menurut Khairul Apit, bila menjadi gubernur nanti, Nasrul Abit akan mencarikan solusi tentang harga komoditi perkebunan yang saat ini anjlok harganya. Kemudian,tambang batu yang banyak di Limapuluh Kota, akan didata kembali secara arif dan bijaksana. Diharapkan Pendapatan Asli Daerah mampu ditingkatkan.

Begitu juga dengan objek wisata yang hampir dipunyai setiap kecamatan akan ditingkatkan pengembangannya. Kedepan wisatawan nasional dan mancanegara diharapkan tinggal di Limapuluh Kota minimal 2 hari.

Di bidang pendidikan, SMP, SD, TK kewenangan kabupaten dan SMA kewenangan propinsi, itu tidak bagus. Karena pendidikan itu dilaksanakan bersama. Pada bagian lain, Khairul Apit, menyebut, ada 130 Nagari yang tertinggal di Sumbar yang akan ditanggulangi.

Sekaitan bidang kesehatan, perlu mendidik pengetahuan warga tentang kesehatan, kalau perlu dilakukan studi banding ke daerah lain.

Dibidang objek wisata Kelok Sembilan, jika terpilih jadi gubernur, kawasan mulai dari Lubuk Bangku akan dibangun rest area di beberapa kawasan termasuk menjual prodak setempat, dilengkapi denganindustri kuliner.Kedepan Limapuluh Kota, akan menjadi penghasil susu perah, satu ekor sapi menghasilkan susu 12 liter, disamping kotoran sapi menjadi pupuk tanaman pertanian.

Diakhir paparannya Khairul Apit juga menjelaskan apabila pasangan NA-IC terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit bertakad akan mewujudkan wacana berdirinya perguruan tinggi di kawasan monumen PDRI yang sudah dikesepakati5 menteri untuk membangun kawasan PDRI di Kototinggi sebagai kawasan bersejarah. (dst)