19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Perumda PSM Direncanakan Kelola SPBU

PADANG, KP – Wakil Ketua DPRD Kota Padang Ilham Maulana mengatakanada peluang Pemko Padang mengelola Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU). Salah satu faktor yang melatarbelakanginya adalah anggaran tranportasi Pemko Padang dalam sebulan mencapai Rp6 miliar, mulai dari walikota hingga jajarannya.

“Rencananya SPBU Pemko Padang ini dikelola oleh Perumda Padang Sejahtera Mandiri (PSM) yang diatur dalam Ranperda Perubahan Perda Nomor 11 tahum 2014 tentang Perumda PSM,” kata Ilham Maulana, kemarin.

Menurutnya, jika Perusda PSM mengelola SPBUmaka pemasukan Rp6 miliar tersebut akan masuk ke kantong Pemko Padang.

Untuk lokasinya, bisa memanfaatkan aset lahan milik pemko yang tidak terpakai, seperti di Jalan Raden Saleh. “Dengan adanya SPBU ini nantinya juga menguntungkan Trans Padang dan mobil pengangkut sampah Dinas Lingkungan Hidup Padang,”ucapnya.

Untuk diketahui, DPRD Padang melalui panitia khusus (pansus) 1 saat ini tengah melakukan pembahasan Rancangan Perubahan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perumda Padang Sejahtera Mandiri (PSM). Pembahasan Ranperda Perubahan Perda Nomor 11 tahun 2014 itu dilakukan bersama bagian perekonomian, PSM, dan jajaran Pemko Padang lainnya.

Wakil Ketua DPRD Padang Ilham Maulana mengatakan ranperda tersebut diubah untuk menyesuaikan dengan aturan Kemendagri. Selain itu, semua kebutuhan anggaran oleh Perumda PSM setiap tahunnya disampaikan juga dalam perda agar dapat menambah PAD.

“Berapa sih sebenarnya kebutuhan anggaran PSM? Sebab saat ini ada Rp15 miliar, namun Rp6 miliar di antaranya aset berharga. Jadi, dalam perda ini harus dijelaskan juga kebutuhan PSM karena Perda ini hanya bisa diubah sekali lima tahun,” ujarnya. (ip)