Pemkab Pasaman Hibahkan Tanah Untuk Pembangunan Gedung Pelayanan Haji dan Umrah

LUBUKSIKAPING, KP – Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman menghibahkan tanah milik Pemkab setempat seluas 1.000 M2 untuk pembangunan gedung pelayanan Haji dan Umrah terpadu. Penyerahan hibah tanah itu diserahkan secara simbolis oleh Bupati Pasaman Yusuf Lubis, didampingi Sekretaris Daerah Mara Ondak, kepada Kepala Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumbar di Balerong Pusako Anak Nagari Pasaman, Rabu (16/9).

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis menyampaikan, proses hibah tanah itu merupakan salah satu target dalam mencapai visi misi Pemkab Pasaman dalam mewujudkan daerah yang agamis dan berbudaya. “Kita sangat mendukung adanya gedung pelayanan haji dan umrah terpadu ini. Karena pelayanan kepada masyarakat merupakan fungsi yang diutamakan untuk mencapai tujuan kesejahteraan sebagai tolak ukur terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang baik. Selanjutnya bermuara pada peningkatan kualitas pelayanan publik terutama dalam pelayanan haji dan umrah di Kabupaten Pasaman,” sebutnya.

Bupati Yusuf Lubis menyampaikan, area lokasi tanah yang dihibahkan terletak di suatu Kawasan Pelayanan Publik (KPP) terpadu di Kabupaten Pasaman. “Di mana seluruh pelayanan masyarakat akan berpusat di lokasi tersebut, di lokasi itu telah ada Kantor Dinas Kependudukan dan Capil, Kantor UKK Imigrasi kelas II Non TPI Agam. Kemudian direncanakan juga akan dibangun Kantor Pendidikan dan Kantor KPU Pasaman yang penunjukannya sudah ditetapkan dengan Keputusan Bupati,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, setelah penyerahan aset tanah itu diminta kepada Kementerian Agama RI untuk dapat sesegera mungkin melakukan kegiatan pembangunan. “Sehingga pelayanan haji dan umrah di Kabupaten Pasaman dapat segera dinikmati dan terselenggara dengan baik,” katanya.

Sementara Sekretaris Daerah, Mara Ondak mengatakan, proses penyerahan hibah tanah itu juga merupakan bukti keseriusan pemerintah daerah dalam mewujudkan adanya sarana maupun gedung terpadu haji dan umrah yang representatif. “Ini sebenarnya sudah lama diimpikan masyarakat Pasaman akan hadirnya gedung haji dan umrah yang bagus dan representatif. Sehingga memudahkan jemaah dalam pelaksanaan manasik haji maupun umrah. Harus kita dukung bersama agar segera terbangun dengan cepat dan dirasakan masyarakat manfaatnya,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pasaman, Dedi Wandra mengaku sangat berterimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman yang telah bekerjasama dalam mewujudkan pelayanan haji dan umrah yang lebih baik lagi. “Kami sangat berterima kasih sekali atas bantuan hibah dari Pemda Pasaman ini. Dengan diberikan hibah tanah ini akan segera diajukan pembangunan gedung pelayanan publik untuk Haji dan Umrah di Pasaman. Sehingga nantinya kita harapkan dapat menambah kualitas layanan haji dan umrah di Pasaman,” ulasnya.

Selain itu turut hadir dalam acara penyerahan aset tanah tersebut Sekda Mara Ondak, para Asisten di lingkungan Pemda Pasaman, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, Kepala BPN Kabupaten Pasaman dan Kepala UKK imigrasi Kelas II Non TPI Agam. (nst)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kemiskinan dan Pengangguran

Kam Sep 17 , 2020
ANGKA kemiskinan dan pengangguran meningkat tajam akibat pandemi corona yang melanda negeri ini. Hampir 10 persenatau lebih 20 juta pekerja berubah status jadi pengangguran sekaligus masuk dalam kategori miskin. Hal itu dikemukakan Menteri Keuangan Sri Mulyani seperti diberitakan KORAN PADANG terbitan Kamis (17/9) di halaman 14. Ini jelas problema mengkhawatirkan. […]