9 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Baznas Bukittinggi Serahkan Zakat Produktif dan Kesehatan Kepada 16 Mustahiq

BUKITTINGGI, KP – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bukittinggi menyerahkan zakat produktif dan kesehatan untuk 16 orang mustahiq. Zakat itu diserahkan secara simbolis oleh Walikota Bukittinggi H. Ramlan Nurmatias, bersama Ketua Baznas, Asisten II, Kakan Kemenag dan sejumlah undangan lainnya, di Aula Baznas Bukittinggi, Jumat (18/9).

Ketua Baznas Bukittinggi, Masdiwar menjelaskan, zakat yang diserahkan itu berupa zakat produktif dan bantuan kesehatan untuk 16 mustahiq. Sebelumnya, para mustahiq yang benar-benar berhak menerima zakat itu telah disurvey. “Zakat yang diberikan berupa bantuan biaya berobat, pelunasan biaya rumah sakit, bantuan biaya hidup sesuai kebutuhan, bantuan biaya pendidikan. Selain itu juga diserahkan bantuan mesin jahit, bantuan gerobak dorong dan lainnya,” jelas Masdiwar didampingi Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Bukittinggi, Masrinal.

Sementara itu Walikota Bukittinggi H. Ramlan Nurmatias, mengapresiasi pengurus Baznas Bukittinggi yang baru. Di mana langsung bergerak cepat dalam masalah kemaslahatan umat, terutama bidang zakat. Meskipun tergolong baru, namun para pengurus cepat beradaptasi dengan sekretariat dan program Baznas.

“Kami dari pemerintah berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi para mustahiq. Karena bantuan yang diberikan didominasi dalam bentuk barang atau fisik yang mendukung kegiatan ekonomi para mustahiq. Kami pun yakin, Baznas tentu akan mengkaji dan melaksanakan program sesuai aturan. Bantuan harus diberikan kepada orang yang tepat,” ujarnya.

Selain itu, zakat yang diserahkan kali ini berjumlah Rp 31.600.000. Di mana jumlah zakat yang diserahkan bervariasi mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 4,3 juta. (eds)