24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

HADIRI TEMU RAMAH PENGURUS MASJID SE-KOTA PARIAMAN,‘Tungku Tigo Sajarangan’ Harus Dukung Upaya Imarah Masjid

PARIAMAN, KP – Walikota Pariaman Genius Umar, hadiri Temu Ramah Pengurus Masjid se-Kota Pariaman di Musala Al Mukhlisin rumah dinas Walikota Pariaman, Jumat (18/9). Turut hadir pada kesempatan itu Ketua MUI Kota Pariaman Syofyan Jamal, Wakil Ketua DMI (Dewan Mesjid Indonesia) Kota Pariaman Miswar, Kadis Kominfo Hendri, Kabag Kesra Syamsuardi, Kemenag Kota Pariaman, para Camat dan 68 Pengurus Masjid di Kota Pariaman.

“Kegiatan ini sangat baik sekali dalam rangka silaturahmi sekaligus saling berdiskusi dengan para pengurus masjid terkait apa kendala dan dinamika yang terjadi di masyarakat dalam imarah atau memakmurkan masjid serta mesti dapat berinovasi dalam hal tersebut. Banyak masukan yang didapat dalam diskusi ini, karena itu kita berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan di masa akan datang, oleh sebab itu saya minta Bagian Kesra menjadwalkan kegiatan ini selanjutnya,” ujar Wako Genius.

Lebih lanjut ia mengatakan, masalah Agama tidak bisa diatasi jika hanya Pemerintah saja yang bekerja, oleh karena itu semua lapisan masyarakat harus dapat dirangkul dan Tungku Tigo Sajarangan harus berjalan dengan baik.

“Tungku Tigo Sajarangan merupakan istilah kepemimpinan di Minangkabau yang dibutuhkan untuk mengatur pemerintahan dan norma yang ada di masyarakat. Tungku tigo sajarangan terdiri dari penghulu atau ninik mamak, alim ulama dan cerdik pandai dalam hal ini pemerintah, harus dapat sejalan dalam hal mendukung kegiatan meramaikan dan memakmurkan mesjid,” tuturnya lebih lanjut.

“Dalam kegiatan ini kita juga akan menampung seluruh masukan yang ada serta beberapa gagasan yang disampaikan akan kita teruskan untuk ditindaklanjuti. Mulai dari kegiatan sosial kemasyarakatan yang diadakan di masjid, kebijakan mengaktifkan Subuh berjemaah dan pemasangan wifi di masjid untuk menampung remaja kita agar dapat belajar di masjid sehingga mereka ikut meramaikan masjid dan melaksanakan salat fardu berjemaah,” tutupnya. (war/*)