18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

JALAN SEPANJANG 5 KM DI TARUSAN RAMPUNG, Warga: Kami Sudah Merasakan Kemerdekaan yang Sesungguhnya

PAINAN, KP – Pelaksanaan pembangunan ruas jalan Sungai Tawa, di Kecamatan Koto XI Tarusan telah rampung dikerjakan. Sedikitnya jalan sepanjang 5 KM tersebut sudah teraspal, dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Dalam kunjungan kerjanya ke Kecamatan Koto XI Tarusan, Bupati Pessel, Hendrajoni meninjau kondisi jalan yang sudah teraspal mulus melalui Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) tahun 2020, senilai Rp5,8 milliar.

“Terima kasih pak bupati, jalan di kampung kami sudah bagus, tak lagi berlobang. Bahkan, jalan ini dulunya tak pernah tersentuh bantuan, Alhamdulillah sekarang sudah mulus,” ujar Ujang (48), warga setempat, kemarin.

Sebelumnya, masyarakat Sungai Tawa, sempat mengeluhkan kondisi jalan di kampung mereka yang cukup parah. Bahkan, warga menyebut negeri mereka belum merdeka, karena tak tersentuh bantuan pemerintah, khususnya jalan.”Sekarang kami sudah merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya,” ujarnya berseloroh.

Selain pembangunan Jalan Tarusan-Sungai Tawar, juga terdapat dua ruas jalan lainnya di Kecamatan Koto XI Tarusan, yakni Tarusan – Simpang Anau, dan jalan Ampang Pulai – Batu.

“Ada lima ruas jalan yang kami kerjakan tahun ini menggunakan PHJD 2020. Sementara di Kecamatan Koto XI Tarusan terdapat tiga ruas jalan, salah satunya ruas jalan Tarusan-Sungai Tawar sepanjang lima kilometer,” kata Bupati Hendrajoni.

Hingga kini, kata dia, pemerintah daerah terus berjuang untuk mendapatkan anggaran di pusat, seterusnya dibawa ke Pesisir Selatan, untuk pelaksanaan pembangunan yang terbengkalai, terutama jalan.

Sejumlah jalan di kecamatan bakal dibangun dan diprioritaskan oleh pihaknya sebagai akses penunjang ekonomi masyarakat setempat, seperti jalan pariwisata, usaha tani, kampung nelayan, dan sebagainya.

“Kami terus jemput bola ke pusat untuk pembangunan di Pessel, terutama jalan. Sebab, pembangunan di Pessel tidak akan berjalan baik jika tidak didukung oleh anggaran pusat,” tuturnya. (mas)