9 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Kota Padang Kembali Raih ‘Natamukti Award’

PADANG, KP – Berkat kesuksesan dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),Pemko Padang tahun ini kembali meraih penghargaan ‘Natamukti Award’ untuk yang kedua kalinya secara berturut-turut.

Mengingat situasi dan kondisi pandemi covid-19, penghargaan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) bekerjasama dengan International Council For Small Business (ICSB) Indonesia ituditerima secara virtual oleh Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah dalam acara penganugerahan ICSB Indonesia City Award 2020, Kamis lalu (17/9).

Hadir menyerahkan penghargaan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Juga terlihat Hermawan Kartajaya selaku President of ICSB Indonesia atau Inisiator Penghargaan Natamukti serta sejumlah kepala daerah penerima penghargaan.

Seperti diketahui, penghargaan Natamukti diberikan kepada kota atau kabupaten yang berhasil dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem UMK daerahnya. Untuk Provinsi Sumbarhanya tigadaerah yang menerima penghargaan. Selain Kota Padang,penghargaan yang sama juga diraih Kota Padangpanjang dan Payakumbuh.

Wako Mahyeldi mengaku bersyukur atas penghargaan Natamukti Award itu.Ia menyebutkedepanPemko Padang akan terus meningkatkan sinergi dan pembinaansehingga UMKM di Kota Padang terus berkembang untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kota Padang.

“Ada sekitar 80 ribu UMKM yang harus kita kembangkan. Oleh sebab itu, melalui penghargaan ini kita jadikan sebagai semangat untuk memberikan yang terbaik untuk kemajuan UMKM Kota Padang ke depan. Kita tentu berharap, meski sekarang sedang dilanda wabah pandemi Covid-19, UMKM di Kota Padang harus tetap bergerak. Maka itu kita perlu melakukan langkah-langkah strategis guna sektor UMKM kita tetap bergerak dalam kondisi apapun.

Sementara, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menyampaikan, potensi UMKM di Indonesia sejatinya sangat besar. Namun saat ini sedang mengalami masa yang cukup sulit akibat covid-19.Karena itu, sebutnya, pemerintah sedang mencari solusi agar UMKM dapat bertahan dengan melakukan adaptasi, melakukan reorientasi usaha, dan melakukan inovasi produk. (mas)