18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

PELATIHAN SAR DAERAH 2020, Basarnas: Tahun ini Kita Pilih Padangpanjang

PADANGPANJANG, KP – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kota Padang wilayah kerja Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) bakal menggelar pelatihan SAR Daerah di Kota Padangpanjang pada Oktober mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Basarnas Padang, Asnedisaat ditemui di Padangpanjang, Jumat (18/9).

“Pelatihan SAR daerah ini dilaksanakan setiap tahun dan untuk tahun ini kita memilih Kota Padangpanjang sebagai tempat pelaksanaanya. Insya allah kegiatan ini akan kita gelar pada 6 dan 7 Oktober mendatang,”katanya.

Beliau menjelaskan dipilihnya Kota Padangpanjang sebagai tempat pelatihan SAR daerah tahun ini yaitu dilihat dari kondisi geografisnya sendiri dimana seperti kita ketahui kota Padangpanjang ini jalannya berbelok-belok, kemudian jurangnya cukup dalam dan sering terjadi kecelakaan kendaraan yang masuk jurang.

“Untuk itu makanya kami memilih untuk bagaimana penanganan khusus ini apabila terjadi kecelakaan tersebut di Kota Padangpanjang,”ungkapnya.

Adapun materi atau jenis pelatihan yang akan diberikan nanti kata Asnedi diantaranya yaitu simulasi kecelakaan penanganan khusus.

“Untuk latihan kering sebelum hari H itu akan dilaksanakan pemberian materi terlebih dahulu di Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Padangpanjang. Kemudian pada hari H nya akan dilaksanakan di Jembatan Kembar jadi nanti di sana akan diuji respon time untuk melakukan penangan kecelakaan khusus ini. Contohnya kalau ada mobil atau motor yang masuk jurang akan kita simulasikan penanganannya disini,”jelasnya.

Untuk mendukung kesuksesan kegiatan pelatihan tersebut pihaknya juga akan melibatkan 21 instansi yang ada di Kota Padangpanjang diantaranya yaitu dari Polres Padangpanjang dan instansi terkait lainnya.

“Alhamdulillah sampai sore hari ini (kemarin-red) untuk dukungan atau hasil koordinasi sudah 80-90 persen tinggal pelaksanaan dan secara administrasi nanti sebelum hari H,”ungkapnya.

Semenatar itu, Kabid Pemadam Kebakaran dan Perlindungan Masyarakat, Jon Erikomengaku pihaknya juga sudah siap sedia dengan adanya kegiatan ini, dan bahkan ia mengaku juga telah mengirimkan anggotanya untuk mengikuti kegiatan pelatihan di Basarnas Padang selama tiga hari.”Jadi kami sudah sangat siap untuk mengikuti kegiatan ini, “katanya. (rel/kom)