Pemko Pariaman Bakal Bangun 1000 Septik Tank

admin

PARIAMAN, KP – Pemerintah Kota Pariaman akan membangun 1000 septik tank untuk masyarakat di Kota Pariaman. Hal tersebut dikatakan Walikota Pariaman Genius Umar, saat di Pendopo Walikota, Jumat (18/9).“Alhamdulillah akhirnya dana hibah untuk tahun 2020 sudah bisa kita gunakan dan peruntukannya sudah diketahui. Kita mendapatkan bantuan dana hibah untuk pembuatan 1000 septik tank individual di Kota Pariaman. Artinya akan ada 1000 rumah yang akan mendapatkan bantuan tersebut,“ ungkapnya.

Dijelaskannya, dana hibah merupakan dana yang berasal dari pemerintah pusat dan akan diganti pada waktu lain oleh pemerintah daerah. Sedangkan proses pengajuan untuk mendapatkan dana hibah terbilang sulit karena banyak hal yang harus dilengkapi.

“Memang benar, meskipun dana hibah ini akan diganti pemerintah daerah pada waktu lain, namun proses mendapatkannya cukup sulit. Banyak persyaratan dan bahan yang harus dilengkapi. Untuk pembuatan 1000 septik tank ini, Pemko Pariaman sudah mengusulkannya setahun lalu dan hari ini sudah sampai tahap kontrak dengan pihak ketiga, karena proses pembuatannya akan dikerjakan pihak ketiga yang telah menang pada lelang yang dilaksanakan,“ jelasnya.

Di samping itu ia berharap kepada masyarakat yang mendapatkan bantuan tersebut agar betul-betul memanfaatkan dan menjaganya dengan baik sehingga septik tank itu akan tahan lama. Ia juga menambahkan, selanjutnya akan ada lagi bantuan jamban untuk masyarakat Kota Pariaman.

Terpisah, melalui sambungan telepon Kadis LH dan Perkim, M. Sukri mengatakan, 1 bangunan septik bernilai Rp 3 juta.

Sementara itu Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman  Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kota Pariaman, Mulyawan saat dijumpai di tempat kerjanya mengatakan, bantuan septik tank itu telah dibagi di 4 kecamatan. “Kita memberikan bantuan septik tank kepada masyarakat menengah ke bawah dan khusus kepada mereka yang belum mempunyai septik tank. Rumah yang menerima bantuan ini diberi tanda berupa stiker yang telah dipasang langsung oleh orang pusat sambil meninjau lokasi penerima bantuan,“ terangnya.

Disebutkannya, pembuatan septik tank untuk Kecamatan Pariaman Selatan di 14 desa, Pariaman Tengah 10 desa, Kecamatan Pariaman 8 desa dan Kecamatan Pariaman Timur 7 desa. Sehingga ada 39 desa se-Kota Pariaman yang mendapatkan bantuan septik tank.

“Tahun ini memang baru 39 desa yang mendapatkan bantuan septik tank individual, namun sebelumnya Pemko Pariaman juga telah memberikan bantuan ipal komunal. Insya Allah untuk tahun 2021 telah kita usulkan lagi bantuan ini, semoga bisa direalisasikan. Penerima bantuan ini adalah mereka yang telah memenuhi syarat. Adapun syaratnya, antara lain rumah tidak ada septik tank dan jamban, ada jamban tidak ada septik tank dan septik tank sudah tidak layak pakai seperti bocor,“ tambahnya.

Sedangkan salah seorang warga Desa Rawang Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman, Ibuk Gumbus yang menerima bantuan itu saat dijumpai di rumahnya merasa sangat senang dan bahagia mendapatkan bantuan septik tank. “Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Walikota Pariaman Genius Umar yang telah memberikan kami bantuan. Memang sampai saat ini rumah saya tidak mempunyai jamban dan septik tank. Ingin membuatnya sendiri namun terbatas dengan kondisi perekonomian, sehingga untuk buang air besar harus menumpang dengan tetangga atau kami ke masjid,“ ungkap ibu yang berusia 55 tahun itu.

Ibu yang kesehariannya bekerja di ladang itu berharap semoga saja Walikota dan yang lainnya bisa memberikan bantuan lagi sehingga seluruh masyarakat di Kota Pariaman mempunyai rumah yang sehat dengan adanya jamban dan septik tank sendiri. (war/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

HADIRI TEMU RAMAH PENGURUS MASJID SE-KOTA PARIAMAN,‘Tungku Tigo Sajarangan’ Harus Dukung Upaya Imarah Masjid

PARIAMAN, KP – Walikota Pariaman Genius Umar, hadiri Temu Ramah Pengurus Masjid se-Kota Pariaman di Musala Al Mukhlisin rumah dinas Walikota Pariaman, Jumat (18/9). Turut hadir pada kesempatan itu Ketua MUI Kota Pariaman Syofyan Jamal, Wakil Ketua DMI (Dewan Mesjid Indonesia) Kota Pariaman Miswar, Kadis Kominfo Hendri, Kabag Kesra Syamsuardi, […]