27 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

PMI Kota Padang Peringati HUT ke-75 Bersama Relawan

PADANG,KP-Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang memperingati HUT ke-75 yang jatuh pada Kamis (17/9) bersama relawan dengan menggelar sejumlah kegiatan, di antaranya membagikan masker gratis kepada masyarakat yang dipusatkan di Pasar Raya Padang.

Sekretaris PMI Kota Padang Hamdani mengatakan HUT PMI ke-75 ini harus dijadikan momentum untuk mensyukuri eksistensi PMI yang telah melakukan pengabdian di Kota Padang. Menurutnya, dengan usia yang sudah menginjak 75 tahun, keberadaan PMI seharusnya lebih diketahui masyarakat.

“Tapi disayangkan pemahamaman sebagian masyarakat masih dangkal dan menganggap PMI hanya sekedar donor darah saja. Padahal tugas pokok PMI adalah membantu korban bencana alam, korban ulah perbuatan tangan manusia, termasuk berkiprah mengatasi pandemi,” kata Dani yang juga menjabat sebagai Kepala KUA Lubuk Kilangan itu, kemarin.

Ia mengajak masyakarat untuk menerima keberadaan PMI dan mau bergabung dengan PMI Kota Padang melalui kegiatan tanggap bencana, kesiapsiagaan bencana, promosi kesehatan masyarakat, hingga bakti sosial seperti donor darah.

Terkait pandemi covid-19, Hamdani mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membangun image bahwa covid adakah akal- akalan atau konspirasi sehingga membuat masyarakat jadi lengah dan tidak abai dengan risiko serta dampak yang akan terjadi.

“Mari selalu terapkan protokol covid-19 dalam kehidupan sehari-hari, menjaga kebersihan, cuci tangan, pakai masker, kurangi aktivitas luar rumah, dan menjaga imunitas tubuh,” pungkas Dani.

Sementara, Wakil Ketua PMI Kota Padang Zaiful Zakaria menyampaikan PMI Kota Padang tetap mendukung dan fokus membantu Pemko Padang dalam mengatasi pandemi Covid-19. Upaya yang dilakukan PMI antara lain pencegahan, edukasi, hingga penanganan pasien positif covid-19.

“Mengingat krisis kesehatan ini berdampak luas kepada sosial dan ekonomi dan diperkirakan krisis ini masih akan berlangsung lama, maka PMImengajak masyarakat bersinergi menciptakan solidaritas untuk pelayanan kemanusiaan,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Zaiful Zakaria, penting bagi PMI dalam peringatan HUT ke-75 yang diperingati setiap tanggal 17 September ini meluncurkan tagline ‘Tahun Solidaritas untuk Kemanusiaan’. ia berharap seluruh komponen bangsa dan pemangku kepentingan seperti pemerintah, korporasi, lembaga sosial, dan masyarakat, serta mitra Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah untuk bersama-sama bergandengan tangan mengatasi berbagai persoalan kemanusiaan. (bim)