Tes CPNS Kemenag Bermasalah, Panitia Jadwalkan Ujian Ulang

PADANG, KP – Ujian Seleksi Kompetisi Bidang (SKB) bidang psikotes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dilaksanakan serentak secara nasional oleh Kementerian Agama (Kemenag) mengalami masalah. Akibatnya, panitia membatalkan ujian dan menjadwalkan ujian kembali.

Salah satu peserta ujian yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan sejak awal ujian aplikasi ujian yang ada di laptopnya sudah mengalami ganggun. Aplikasi tersebut tidak mau pindah ke soal berikutnya, padahal sudah berkali-kali di klik lanjutkan soal berikutnya.

“Saya jawab soal, tapi tanda sudah jawab tidak muncul, berkali-kali di klik tidak juga muncul, lalu servernya error, saya login lagi, begitu seterusnya, sementara waktu terus berjalan,” katanya, Jumat (18/9).

Peserta yang ujian lokasi di Balai Diklat Kemenag Padang Jumat (18/9/2020) itu setuju dengan kebijakan Kemenag yang akan melaksanakan ujian ulang bagi semua peserta. Ia menilai itu keputusan yang adil sehingga peserta dapat kembali berkompetisi dengan fair.

“Bagus kalau ujiannya diulang bagi semua orang, kita juga punya kesempatan lebih panjang untuk persiapan ujian,” katanya.

Sementara peserta lainnya, mengatakan juga mengalami kendala saat ujian. Ia kesulitan pindah dari satu soal ke soal berikutnya. Bahkan puluhan kali di-klik tidak juga bisa pindah ke soal berikutnya.

“Hampir semua peserta mengalami hal serupa, kami jadi tidak bisa maksimal, konsentrasi jadi pecah karena tidak hanya memikirkan soal, tapi juga memikirkan aplikasi yang bermasalah,” katanya seperti dikutip dari langgam.id.

Selain itu ia juga menemukan masalah lainnya, ketika ia selesai menjawab semua soal lalu mencoba mengecek jawaban kembali. Namun banyak jawaban yang telah dijawab malah berubah, tentu hal ini sangat dirugikan karena bisa salah semua dan tidak mendapat nilai.

“Kita berharap di ujian ulang panitia memperbaiki ini agar peserta dapat ujian sebagaimana harusnya,” katanya.

Ia juga berharapa agar pada ujian ulang panitia mengadakan ujian pada hari libur Sabtu atau Minggu. Alasannya karena sudah banyak peserta yang mengajukan cuti kerja, sementara kalau ujian pada hari kerja tentu akan mengambil libur lagi.

Sementara itu di akun Instagram resmi pengadaan CPNS Kemenag @cpnskemenag2019 telah menjelaskan soal akan adanya ujian ulang lewat postingan berjudul #RESCHEDULE. Panitia menurutnya sedang menyusun jadwal ujian ulang.

“Demi kenyamanan dan keadilan bersama. Kita akan reschedule untuk psikotes ini, pengumuman resmi akan segera dipublish,” kata unggahan pada postingan Instagram itu, Jumat (18/9).Dalam captionitu dilanjutkan bahwa Kemenag melakukan penjadwalan ulang bagi peserta, karena khawatir jawaban yang telah disimpan tidak sesuai. Sementara untuk ujian wawancara tetap akan berlangsuang seperti dijadwalkan sebelumnya.“Tetap tenang dan semangat, Insy Allah besok lebih baik,” katanya. (lgm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

HUT TNI ke-75, Ratusan Rider Motor Trail Adu Nyali

Ming Sep 20 , 2020
LIMAPULUH KOTA, KP- Ratusan rider motor trail dari berbagai daerah di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), Riau dan Sumatera Utara (Sumut) mengikut ajang uji nyali di objek wisata Lembah Harau, di Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota yang berlangsung, Minggu (20/9). Ajang silaturahmi para rider yang digelar Kodim 0306-50 Kotadalam rangkaian HUT […]