21 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Wagub Nasrul Abit Serahkan Bantuan kepada Korban Banjir di Ujung Gading

SIMPANGEMPAT, KP – Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit bersama rombongan mengunjungi nagari yang terkena bencana alam banjir di Ujuang Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, Kamis (17/9).

Hujan lebat yang mengguyur wilayah Pasbar pada Jumat pekan lalu (4/9) menyebabkan puluhan rumah penduduk di Jorong Irian dan Jorong Teluk Embun, Nagari Ujung Gading, direndam banjir dengan ketinggian mencapai atap rumah warga.

Dalam kunjungan itu, Wagub Nasrul Abit dan rombongan juga mendatangi beberapa rumah korban banjir dan meninjau kondisi jembatan yang putus akibat banjir tersebut.Disambut ratusan warga Jorong Irian, Nasrul Abit menyampaikan rasa prihatinnya atas musibah yang terjadi. Banyak keluhan yang disampaikan warga pada wagub.

“Semua yang disampaikan warga di sini Insya Allah menjadi perhatian pemerintah. Mudah-mudahan akan kita sikapi bersama Pemkab Pasbar,” ucap Nasrul Abit.

Ditambahkannya, tujuan utama Pemprov Sumbar dan rombongan menyaksikan langsung dampak musibah bencana alam adalah untuk mengindentifikasi dampak kerusakannya dan memastikan langsung apa yang menjadi kebutuhan utama warga.

“Yang terpenting warga disini aman dulu dari banjir, nanti Pemprov Sumbar akan bantu 100 bronjong untuk menahan arus air,” ujar Nasrul Abit.

Ia mengatakan pemerintah provinsi juga akan terus berupaya mencari bantuan dana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atau Kementerian PU untuk memperbaiki sarana dan prasarana yang rusak akibat banjir, termasuk jembatan.

Pada kesempatan itu, Nasrul Abit bersama Kabid Kedaruratan dan Logistik Daerah BPBD Sumbar Rumainur menyerahkan bantuan siap pakai dari pusat sejumlah Rp150 juta kepada kepala pelaksana BPBD Pasaman Barat Edi Busti.

“Untuk pembangunan jembatan akan dibiayai Belanja Tak Terduga (BTT) Kab Pasbar dan sementara kita bantu berupa sembako untuk 100 kepala keluarga yang terkena bencana banjir,” tukasnya.

Kalaksa BPBD Pasaman Barat Edi Busti mengucapkan terimakasih pada Pemrov Sumbar dan semua pihak yang telah memberikan bantuan. “Alhamdulillah, bantuan ini segera kami serahkan sesuai data kebutuhan korban banjir,” sebutnya. (mas)