Polres Pasbar Ringkus Komplotan Pengedar Narkoba, 16 Paket Besar Ganja Diamankan

SIMPANGEMPAT, KP – Komplotan pengedar narkoba jenis ganja yang terdiri dari empat orang warga Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat diringkus jajaran Satnarkoba Polres Pasbar, Sabtu dinihari (19/9). Keempat orang itu berinisial AS (22 tahun), SM (25 tahun), FB (40 tahun), dan Y (36 tahun).

Kapolres Pasbar AKBP Sugeng Hariyadi melalui Kasubbag Humas AKP Defrizal menjelaskan penangkapan berawal dari informasi masyarakat tentang transaksi narkotika jenis ganja di daerah Talu.Informasi itu ditindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan oleh anggota Satnarkoba Polres Pasbar.

“Anggota kita melakukan pengintaian pada Jumat malam (18/9) malam di jalan lintas Simpang Empat – Talu tepatnya di Jorong Merdeka, Nagari Talu, Kecamatan Talamau,” kata AKP Defrizal kepada wartawan, Sabtu (19/9).

Di lokasi itu berhasil ditangkap dua orang tersangka yaitu AS dan SM beserta barang bukti tiga paket besar ganja kering yang dibungkus lakban kuning, satu unit HP merek Vivo, dan satu unit sepeda motor Yamaha Fino BA 4677 SN. Dari interogasi terhadap kedua tersangka berhasil didapat asal ganja itu, yakni dari seseorang berinisial FB yang beralamat di Ujung Gading.

Tim yang dipimpin Kasat Narkoba Polres Pasbar Iptu Eriyanto langsung bergerak ke Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang.

“Berdasarkan informasi tersangka pertama yang berhasil diringkus berinisial AS, akhirnya rumah FB berhasil ditemukan. Laku dilakukan pengepungan dan sekitar pukul 04.45 WIB tim berhasil meringkus FByang saat itu sedang tidur,” ujar AKP Defrizal.

Pengakuan FB kepada petugas, barang bukti narkotika itu ia simpan di dalam kebun kelapa sawit di dekat rumahnya yakni di daerah Tareh, Jorong Koto Sawah, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang.

“Jarak lokasi dari tempat penangkapan FB ke lokasi penyimpanan ganja itu kurang lebih sekitar 200 meter. Barang bukti disimpan didalam semak-semak kebun kelapa sawit,” ucap AKP Defrizal.

Tak hanya itu, sekitar 20 meter dari lokasi penemuan barang bukti narkotika ini kembali diamankan satu orang warga dengan inisial Yyang dari pengakuan FB, bahwa Y bertugas sebagai penjaga.

“Keseluruhan barang bukti yang berhasil disita dari empat orang tersangka ini merupakan satu kesatuan yang dibeli oleh FB dan AS dari daerah Panyabungan, Kabupaten Madina, Sumatra Utara. Di panyabungan mereka ada kenalan seseorang yang bernama Sipar dan mereka pesan dengan cara menghubunginya via telepon. Sebelumnya nomor telepon Sipar ini didapatdari N (40 tahun) yang merupakan warga Ujung Gading,” ungkap AKP Defrizal.

Diketahui, sebelumnya FB memesan ganja kering itu sebanyak 20 paket besar seharga Rp600 ribu per paket kepada Sipar di Panyabungan, Madina.

Ganja itu dijemput oleh I (20 tahun) dengan upah yang diberikan berupa 4 paket besar ganja kering itu. Sehingga, total keseluruhan yang berhasil disita polisi sebanyak 16 paket.

Saat ini tersangka diamankan di Mapolres Pasbar guna pemeriksaan lebih lanjut. Tersangka diancam dengan pasal 114 ayat (2) junto Pasal 111 ayat (2) Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman paling singkat enam tahun penjara dan maksimal penjara seumur hidup.

Polres Pariaman Ciduk Pengguna Narkoba

Sementara itu, jajaran Satnarkoba Polres Pariaman menciduk seorang pelaku penyalahgunaan narkoba jenis sabu, Sabtu (19/9) sekira pukul 18.45 WIB di Pasir Pauh Desa Pauh Barat, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

Kasat Narkoba Polres Pariaman AKP Heritsyah mengatakan pelaku berinisial DO (39 tahun) ditangkap di rumahnya bersma barang bukti dua buah plastik bening ukuran sedang berisi sabu, tiga buah plastik bening ukuran kecil berisi sabu, empat buah pipet, satu kaca pirex, satu alat hisap bong, tiga unit HP, satu buah mencis, dan uang sebesar Rp1.050.000. Selanjutnya pelaku yang merupakan residisvis dalam kasus sejenis itu diamankan ke Mapolres Pariaman untuk proses hukum lebih lanjut. (rom/war)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

BUPATI DATAR IRDINANSYAH TARMIZI BERPULANG, Torehkan Banyak Prestasi, Tinggalkan Ketauladanan

Ming Sep 20 , 2020
BATUSANGKAR, KP – Innalillahi wainnailahi rajiun. Duka mendalam dirasakan masyarakat Kabupaten Tanahdatar dan Sumbar atas berpulangnya ke RahmatullahBupati H. Irdinansyah Tarmizi, Sabtu (19/9) pukul 19.55 WIB di RSUP M. Jamil, Padang,pada usia 63 tahun. Almarhum meninggalkan seorang istri Hj. Darmiati Anwar dan dua orang putri dr. Suci Yaumi Syahdati dan […]