18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

SANG PEMBERI SOLUSI ITU TELAH BERPULANG, Pemko Padang Lepas Syahrul Dengan Doa dan Penghargaan

PADANG, KP – Kabar duka tengah menyelimuti jajaran Pemerintah Kota Padangseiring berpulangnya salah seorang pamong seniorSyahrul. Sebelumnya ia menempati jabatan sebagai Staf Ahli Walikota Padang Bidang Kemasyarakatan dan SDM. Sejumlah jabatan strategis pun pernah dijabatnya, mulai dari Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) hingga Sekretaris DPRD Kota Padang serta beberapa jabatan lainnya.

Syahrul meninggal Sabtu (19/9) sekitar pukul 09.30 WIBdi salah satu ruang inap di RSUP M Djamil Padang karena penyakit gagal ginjal yang ia derita selama beberapa bulan belakangan. Almarhum pun dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bungus.

Kepergian almarhum menimbulkan duka mendalam tak hanya bagi keluarga namun juga para sahabat serta jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemko Padang. Sebelum menuju tempat peristirahatan terakhir, Pemko Padang menggelar upacara prosesi pelepasan jenazah di halaman Kantor Balaikota Padang, di Air Pacah sekira pukul 13.30 WIB. Sebelum dilepas, jenazah disalatkan terlebih dahulu yang diimami Kabag Kesra Amriman.

Upacara pelepasan dipimpin Walikota Mahyeldi secara virtual karena sedang berada di luar kota, lalu diikuti Wakil Walikota Hendri Septa, Sekda Amasrul, serta para pimpinan OPD dan ASN di lingkup Pemko Padang. Juga hadir beberapa anggota DPRD Padang.

Wako Mahyeldi menyampaikan, atas nama pribadi dan Pemko Padang merasakan sangat berduka atas kepergian almarhum Syahrul. Di mata Mahyeldi, Syahrul adalah pamong senior yang bertanggungjawab dengan tugasnya. Ia juga memiliki kehati-hatian yang cukup tinggi dalam pekerjaannya. Sehingga, keteladananyang ada pada diri almarhumdiharapkan jadi bagian yang dicontoh dan dilaksanakan setiap ASN di lingkup Pemko Padang.

“Semogaamal ibadah beliau diterima dan segala dosa diampuni Allah Swt. Sertakeluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan kesabaran,”kata wako dengan nada haru.

Senada, Wakil Walikota Hendri Septa memimpin doa agar kepergian almarhum dalam kondisi husnul khatimah. “Kepada istri almarhum, beruntunglah memiliki suami seperti Bapak Syahrul dan juga anak beliau beruntung memiliki seorang ayah seperti beliau. Sangat banyak kebaikanyang telah beliau berikan, tidak hanya bagi keluarga namun juga dirasakan masyarakat dan Pemko Padang. Bahkan ada yang mengatakan beliau di masa hidupnya beliau adalah sang pemberi solusi berkat kebaikan, ketulusan, dan kepeduliannya yang cukup tinggi,” tukas Wawako Hendri sembari melepas almarhum dengan doa dan penghargaan setinggi-tingginya.

Syahrul lahir di Kota Bukittinggi, 3 Januari 1966. Ia memiliki seorang istri dan dikarunia satu orang anak dan tinggal di Perumahan Wisma Bumi Mas Blok B. Nomor 5/6 Kuranji Padang. Syahrul memulai karir birokrasinya di Pemko Padang dengan menjabat Kasubbag Keuangan Bagian Umum sejak 27 Desember 1995. Selanjutnya menjabat Kasubbag Perencanaan Bappeda Padang, Kasubbag Penyusunan Program Bappeda Padang, Kasubbag Umum Bappeda Padang, dan promosi sebagai Sekretaris Bappeda Padang pada 2009.

Kemudian ia sukses dengan promosi menempati jabatan eselon II yakni Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPKA), lalu Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA), dan Sekretaris DPRD sejak 4 Feburari 2019.Terakhir ia menjabat Staf Ahli Walikota Padang Bidang Kemasyarakatan dan SDM hingga meninggal dunia. Dalam karirnya, penghargaan nasional pernah diraih Syahrul, yaitu ‘Satya Lancana Karya Satya’ dari Presiden RI. (mas)