24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

TEKAN PENYEBARAN COVID-19 SAAT PILKADA, Pemko Pariaman Ikuti Rakornas Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19

PARIAMAN, KP – Guna menekan penyebaran Covid-19 saat menyelenggarakan Pilkada Serentak tahun 2020. Pemerintah Kota Pariaman mengikuti Rapat Koordinasi Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19 pada tahapan Pilkada serentak tahun 2020 di masa Pandemi, di ruang rapat Walikota Pariaman, Jumat (18/9).

Rakornas tersebut diinstruksikan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sesuai instruksi yang diberikan presiden RI Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan, dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Daerah.

Dalam rakornas yang digelar secara virtual serta diikuti 662 peserta dari provinsi, daerah kabupaten dan kota yang ada di Indonesia tersebut. Menko Polhukam Mahfud MD hadir sebagai pimpinan rapat, yang juga dihadiri Mendagri, Ketua KPU, Jaksa Agung, Ketua Bawaslu, Panglima TNI, Kapolri, Ka BIN dan Kepala BNPB selaku Kasatgas Covid-19.

Mahfud MD menyebutkan, Rakorsus tingkat menteri dan lembaga-lembaga terkait itu untuk membahas penegakan hukum dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020 dalam masa Pandemi Covid-19. Tujuannya sebagai salah satu langkah antisipasi kemungkinan adanya rawan kerumunan massa dan kegaduhan pada saat tahapan pengumuman penetapan pasangan calon (paslon) dan pengundian nomor urut pada 23 dan 24 September 2020 mendatang.

“Selain itu kegiatan ini juga bertujuan agar daerah yang akan melaksanakan Pilkada selalu mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan. Saya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut dapat meningkatkan koordinasi dan sinergitas instansi terkait guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama pelaksanaan Pilkada di masa pandemi Covid-19, yang akan melibatkan jutaan orang,” jelasnya.

Sedangkan Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (Waka BIN), Eddy Laksmana dalam rakor tersebut juga menyampaikan, BIN beserta jajaran baik di provinsi, daerah kabupaten/kota, akan ikut berpartisipasi mengawasi dan mengamankan tahapan demi tahapan Pilkada serentak 2020. Dan juga untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran protokol kesehatan pada saat Pilkada berlangsung.

Sementara itu, Ketua Bawaslu RI Abhan juga menuturkan, pihaknya bersinergi dengan berbagai pihak dalam mencegah potensi kerawanan Pemilu dan Pilkada. Pasalnya, selalu ada potensi pelanggaran dalam pelaksanaan pesta demokrasi tersebut. Selain itu vidcon tersebut turut dihadiri Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, Kasat Pol PP Kota Pariaman, Kajari Pariaman, dan KPU Kota Pariaman. (war/*)