24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

DIHADIRI RIBUAN MASYARAKAT, Jembatan Pulai Dharmasraya Diresmikan Menteri PUPR RI Secara Virtual

PULAUPUNJUNG, KP – Ribuan masyarakat Dharmasraya menghadiri peresmian Jembatan Pulai oleh Menteri PUPR RI Mochammad Basoeki Adimuljono secara virtual dengan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Senin (21/9) di Kenagarian Sitiung, Kecamatan Sitiung. Turut hadir pada Kesempatan itu Ketua DPRD Dharmasraya Pariyanto, Wakil Ketua Adi Gunawan, Ketua TP PKK Ny Dewi Riska, Forkopimda, Cawabup Dharmasraya Dasril Panin Dt Labuan, Kepala OPD, Camat, Walinagari dan tokoh masyarakat.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska menyampaikan, jembatan yang menghubungkan dua Kecamatan di seberang Sungai Batang Hari dengan panjang 200 Meter yakni Kecamatan Timpeh dan Kecamatan Padang itu sudah lama didambakan masyarakat. Kini harapan itu sudah menjadi kenyataan berkat kegigihan Bupati muda itu untuk memperjuangkan jembatan tersebut akhirnya terwujud. 

“Saya selaku Pemkab Dharmasraya mengucapkan terima kasih kepada Presiden melalui Menteri PUPR yang telah mengabulkan permintaan masyarakat Dharmasraya, karena sejak tahun 1978 jembatan lama dibangun dan sekarang tua,” ucapnya.

Dikatakannya. Hal itu tidak terlepas dari kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Dharmasraya beberapa waktu lalu. Di mana Bupati Sutan Riska langsung mengajak orang nomor satu di Republik ini meninjau Jembatan Pulai yang sudah tua. Selain itu ia juga menyampaikan beberapa Proyek PUPR yang telah dikerjakan, antara lain Jembatan Cable Stiyed Sungai Dareh, Jembatan rangka baja Pulai, pelebaran jalan nasional Pulaupunjung-Koto Baru, Embung Padang Roco Siluluk dan Embung Sungai duo. Pengamanan tebing Batang Piruko Koto Baru, Pansimas di 13 Lokasi, instalasi pengelolaan air limbah, Rusunawa Sungai Rumbai, Bantuan Stimulan Swadaya, Rumah Khusus Sitiung yang semua itu berasal dari dana Pusat.  

Kemudian Ia juga mengharapkan kepada kementerian PUPR agar membuka jalan ke pintu tol di Kabupaten Indarigiri Hulu, karena akses Dharmasraya ke kabupaten itu hanya berjarak sekitar 60 KM dan melalui Jembatan Pulai tersebut. 

Sementara itu, Menteri PUPR Basoeki dalam video conference, mengaku salut atas kegigihan Bupati Dharmasraya untuk membangun Dharmasraya dengan berbagai cara agar bisa mendapatkan dana dari Kementerian PUPR. Tambahnya, Dharmasraya merupakan salah satu daerah yang menjadi prioritas pembangunan Infrastruktur agar meningkatkan akses perekonomian masyarakat di daerah. “Kita sangat mendukung program Bupati Sutan Riska untuk kemajuan pembangunan di Dharmasraya, semoga pembangunannya berkelanjutan,” pungkasnya. (jp)