9 Mei 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Guru Harus Mampu Ajak Siswa Ikuti Pelajaran Jarak Jauh

BATUSANGKAR, KP – Ka Kankemenag Tanahdatar H. Syahrul mengatakan proses belajar mengajar (PBM) pada masa pandemi Covid-19, diminta kepada guru untuk tidak terlalu memikirkan hasil dari pembelajaran dari siswa madrasah tersebut, tetapi bagaimana usaha sebagai guru agar para siswa mau mengikuti pelajaran dari guru dari jarak jauh.

Namun demikian selama dalam pebelajaran melalui daring itu, Ka Kankemenag meminta kepada para guru madrasah dimasa Covid-19 ini agar dapat meluangkan waktu untuk berkumpul bersama di madrasah membicarakan masalah pendidikan, minimal satu kali seminggu .

Hal itu disampaikannya ketika memberikan arahan dalam kegiatan pembinaan kepada guru dan ASN pada MTsN16 Tanahdatar Situmbuk berlangsung di madrasah tersebut, Senin (21/9).

Disamping itu, Ka Kankemenag juga mengajak guru dan ASN MTsN 16 Tanahdatar untuk selalu belajar dan menuntut ilmu lebih tinggi dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan di madrasahnya.

“Guru/ASN MTsN 16 Tanahdatar untuk selalu meningkatkan disiplin kerja, menjalin silaturahmi dan menjaga kekompakan,” harapnya.

Sementara itu Kepala MTsN 16 Tanahdatar Situmbuk Nibus dalam laporannya menyampaikan perkembangan madrasah selama tahun pelajaran 2020-2021 diantaranya jumlah rombel yang ada berjumlah 8 lokal, jumlah pegawai dan guru dan pegawai sebanyak 32 orang dengan rincian guru PNS 17 orang, PNS 4 orang, Guru Tidak Tetap 7 orang, Pegawai Tidak Tetap 4 orang.

Sedangkan, jumlah siswa madrasahnya tahun pelajaran 2020-2021 berjumlah sebanyak 134 orang.

Selain itu, MTsN 16 Tanahdatar sudah memiliki 3 orang Wakil Kepala Madrasah diantaranya Wakil Kepala Kurikulum, Wakil Kepala Humas dan Wakil Kepala Siswa. Guru Tidak Tetap 2 orang sudah bersertifikasi.

Diwaktu yang sama Ka Kankemenag juga berkesempatan memberikan pembinaan terhadap guru dan ASN Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Tanahdatar Puncak Alai yang dipimpin Adi Triana. (mas)