‘Politisi’ Muhammadiyah dalam Kenangan dan Ingatan

SELAMAT jalan dinda Irdinansyah Tarmizi. Tenanglah di alam sana. Insya Allah surga sudah disediakan untuk dinda. Amal dan perjuangan yang dinda amalkan semasa di duniatentu takkan sia-sia di mata Allah Yang Maha Kuasa.

Kita sudah begitu lama berkerabat. Semasa masih di kampus IAIN Imam Bonjol Lubuk Lintah hingga mengabdi di Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat (UMSB), kita selalu berusaha mengabdi tulus dan ikhlas.Semuanya dilalui penuh kesederhanaan. Beragam kegiatan pun pernah sama-sama kita lakukan di kampus UMSB Pasir Kandang yang ketika itu masih sederhana.

***

Masih lekat dalam ingatan penulis, dalam setiap kepanitiaan pada ‘puncak kegiatan’ penampilan Irdinansyah Tarmizi sangat membanggakan. Pakai jas lengkap berdasi. Ia memang sosok idola, gagah, dan atletis. Yang lebih membanggakan lagi, terjauh dari sifat angkuh dan sombong.

Melesatnya perkembangan Muhammadiyah Sumbar dengan amal usahanya UMSB tak lepas dari kontribusi Irdinansyah. Apalagi di lingkungan Muhammadiyah di tanah Minang ini, ia termasuk salah satu figur yang dibanggakan warga persyarikatan.

Tak hanya di Muhammadiyah, beragam pengabdian juga dilakukan Irdinansyah di berbagai organisasi lain. Kebanggaan warga persyarikatan dan rekan-rekan yang sama-sama pernah berkecimpung dalam satu organisasi pada Irdinansyah begitu terasa setelah ia menduduki kursi terhormat di DPRD Sumbar melalui Fraksi Partai Golkar. Karirnya semakin matang dan dirasakan rakyat hingga akhirnya menduduki jabatan Bupati Tanahdatar.

Mengabdi sebagai ‘tuan luak’ di Tanah Datar, penampilan Irdinansyah Tarmizi tak berubah. Secara pribadi, penulis sangat bangga sang rekan junior jadi bupati di pusat Kerajaan Pagaruyung. Ranah yang legendanya mendunia.

Penulis masih ingat, setiap penugasan di LKKS dari Hj. Nevi Irwan Prayitno ke Tanahdatar, pada pagi harinya penulis ‘harus’ mampir ke Indo Jalito untuk berbincang-bincang dengan Irdinansyah Tarmizi tentang apa saja. Tak lupa menu sarapan pagi ‘lamang tapai’. Kesan yang takkan pernah terlupakan, terutama dalam menyukseskan program Lembaga Koordinasi Kesejahtraan Sosial (LKKS) Sumbar yang dipimpin Hj. Nevi Irwan Prayitnoyang kini sudah jadi anggota DPR RI.

***

Dinda Ir,

Mungkin dinda tak begitu merasakan pendeknya waktu pengabdian yang kita lalui bersama, baik melalui Muhammadiyah dan lembaga lainnya. Bahkan, aktivitas yang dinda persembahkan pada negeri ini melalui beragam jalur sungguh jadi catatan bagi sayadan mungkin juga kawan-kawan lainnya.

Dinda termasuk pemain volli yang hebat. Tak hanya di lingkungan kampus Lubuk Kintah saja, tapi diketahui banyak orang di provinsi ini, bahkan di tingkat nasional. Saya seketika terkenang ketika dinda terpeleset dalam suatu turnamen dan mengalami cedera lutut yang tak lagi kembali pulih seperti semula. Bagaimanapun juga, Allah Maha Kuasa. Begitulah tahapan kehidupan dan kita hanya tinggal melaluinya saja.

Begitu banyak kesan yang melekat antara kita berdua. Tentu saja yang selalu jadi kenangan dan ingatan adalah kerendahan hati dan kepemimpinan dinda. Akan selalu terkenang ucapan pembukaan pidato di Gedung Indo Jalito dalam temu wartawan senior beberapa waktu lalu ketika dinda menyebut nama saya ‘Kanda Adi Bermasa’. Sungguh, terlalu cepat dindapergi menghadap-Nya. Apa boleh buat, Allah memang Maha Kuasa. Selamat jalan,dinda Irdinansyah Tarmizi. Surga Menanti. Insya Allah anak-istri selalu diberi kekuatan dan ketabahan dan dalam perlindungan-Nya. Innalillahi wainnailaihiroji’un. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kapolri Keluarkan Maklumat untuk Peserta Pilkada

Sen Sep 21 , 2020
JAKARTA, KP – Kapolri Jenderal Idham Azis menerbitkan maklumat bernomor Mak/3/IX/2020 tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengungkapkandengan terbitnya maklumat itudiharapkan seluruh peserta pilkada mematuhi standar protokol kesehatan dalam setiap tahapan pesta demokrasi tersebut. Ia juga […]