24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

15 Pasang Catin Ikuti Bimbingan Perkawinan Pra Nikah

BATUSANGKAR, KP – Kepala Kemenag Kabupaten Tanahdatar, H. Syahrul membuka Bimbingan Perkawinan (Binwin) Pra Nikah Calon Pengantin (Catin) Kabupaten Tanahdatar Angkatan I Tahun 2020 di MTsN6 Tanahdatar, Batusangkar, Selasa (22/9).

Ka Kankemenag Syahrul dalam arahannya menjelaskan, menikahi seseorang itu yang harus dipilih adalah karena kecantikannya, karena hartanya, karena nasab/keturunannya dan karena agamanya.

Calon pengantin mejelang pelaksanaan pernikahan harus mempersiapkan segala sesuatu termasuk dana untu biaya pernikahan dan kebutuhan rumah tangga setelah dilaksanakan pernikahan tetsebut.

Pernikahan dalam rumah tangga, pasangan suami isteri itu harus menjalani semua kewajiban dan larangan yang akan dijalaninya dalam mengarungi bahtera rumah tangga menuju keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah.

Ka Kankemenag mengingatkan, membangun suatu rumah tangga itu ibarat sebuah kapal yang akan berlayar mengarungi lautan. Untuk berlayar itu terlebih dahulu harus  dipersiapkan segala sesuatunya seperti bahan bakarnya, biaya opersionalnya, dan lain sebagainya. Untuk itu persiapkanlah segala sesuatu yang dibutuhkan sebelum dilangsungkan pernikahan tersebut.

Ka Kankemenag meminta pasangan calon pengantin jika sudah lahir dan mempunyai momongan nanti azankanlah terlebih dahulu kalau ia laki laki, dan iqamatkan jika perempuan.Jangan sekali kali putra atau putri kita yang lahir itu diazankan atau diiqamatkan oleh orang lain, tapi lakukanlah oleh ayah kandungnya sendiri.

Pelaksanaan Kegiatan binwin bagi calon pengantin tersebut digelar selama 2 hari tanggal 23 dan 24 September 2020, dengan memanfaatkan dana Dipa Bimas Islam Kantor Kemenag Tanahdatar tahun 2020.

Peserta bimwin tersebut diikuti sebanyak 15 pasang (30 orang) yang berasal dari utusan Kecamatan se-Kabupaten Tanahdatar. Selama tahun 2020 ini ada 10 (sepuluh) angkatan  Bimbingan Perkawinan digelar di Kabupaten Tanahdatar.

Tema yang diangkat dalam kegiatan bimwin Pra Nikah Bagi Calon Pengantin teraebut ialah Dengan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga menuju Keluarga Sakinah, Mawaddah, Warahmah.

Selama berlangsungnya kegiatan bimwin Pra Nikah tersebut ada 4 orang Narasumber yang akan menyampaikan materi masing-masing H. Edison Yusri, (Kabid Urais Kanwil Kemenag Sumbar) dengan judul materi Paparan Kebijakan bimwin dan Mempersiapkan Pernikahan Yang Sakinah.

Kemudian H.Helmi Zuldi,Kasi Penmad Kemenag Kab. Tanahdatar dengan materi penuhi Kebutuhan Keluarga dan Mempersiapkan Generasi Berkualitas. Edward, Sekretaris Dinas Kesehatan Tanahdatar dengan Judul Materi Menjaga Kesehatan Reproduksi dan Raudhatul Kannah, Penyuluh Agama Islam Kecamatan di Kabupaten Tanahdatar selaku fasilitator dengan judul Materi Kontrak Belajar, Preteat, Membangun Hubungan Dalam Keluarga, Refleksi , Postest dan Evaluasi. (mas)