24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

4 Siswa SD Pariaman Wakili Sumbar Pada FLS2N Tingkat Nasional 2020

PARIAMAN, KP – Sebanyak 4 orang siswa Sekolah Dasar (SD) Kota Pariaman berhasil meraih juara I pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2020 tingkat Provinsi dan lanjut mewakili Sumatra Barat untuk tingkat Nasional. 

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Disdikpora Kota Pariaman, Yurnal didampingi Kasi Kurikulum dan Peserta Didik Disdikpora Kota Pariaman Elfadri, Senin (21/9), mengucapkan selamat kepada 4 siswa yang telah meraih terbaik pertama dan mewakili Sumbar untuk tingkat Nasional. Ucapan terimakasih juga ia sampaikan kepada seluruh peserta dan guru pembimbing yang telah berjuang pada FLS2N tingkat provinsi, sehingga Kota Pariaman pada FLS2N tingkat Provinsi masuk 10 besar terbaik.  

“Alhamdulilllah 4 orang siswa SD Kota Pariaman bisa mewakili Provinsi ke tingkat nasional. 4 orang siswa tersebut akan berlomba pada 3 cabang, yaitu 1 siswa menyanyi, 1 siswa cabang kriya anyam dan 2 orang siswa pada cabang Panthomim. Dengan 5 cabang yang diikuti dan meraih terbaik pada 3 cabang, Kota Pariaman masuk 10 besar terbaik se-Sumatera Barat pada FLS2N SD tingkat Provinsi untuk Tahun 2020,” ungkapnya.

Sementara untuk peserta SMP, tetap mendapatkan prestasi namun tidak terbaik pertama sehingga perjuangan hanya sampai tingkat provinsi saja. “Keempat anak kita itu adalah untuk menyanyi tunggal Audrey Quinsha Dyadra siswa SDN 08 Kp. Jawa I, Kriya Anyam Syifa’ Khayyirah Radin siswa SDN 19 Kp. Baru dan untuk cabang Panthomim Radit Al Mahdi dan Prasetya Syahdewo SDN 17 kp. Baru. Semoga saja video yang dikirim ke tingkat nasional bisa berhasil dan Kota Pariaman meraih terbaik pertama,“ tambahnya.

Sementara itu Kasi Kurikulum dan Peserta Didik Disdikpora Kota Pariaman, Elfadri menjelaskan, kegiatan FLS2N masih tetap dilaksanakan namun dengan cara berbeda. “Masa Pandemi Covid-19, kegiatan FLS2N dilaksanakan secara virtual. Para peserta FLS2N menampilkan masing-masing cabang yang dilombakan dan dibuatkan videonya,” jelasnya.

Video tersebut lanjutnya, dikirimkan ke tingkat provinsi mewakili kota untuk dinilai. Setelah terpilih yang terbaik, video yang sama dikirim lagi ke tingkat nasional mewakili provinsi. “Dan saat ini kita sedang menuggu hasil penilaian juri tingkat nasional tersebut. Semoga hasilnya sesuai yang diharapkan,“ ujarnya. 

Lebih lanjut dijelaskannya, kegiatan FLS2N jenjang SD dan SMP bertujuan memberikan wadah berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif bagi peserta didik Sekolah Dasar, dengan mengedepankan sikap sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.

“Di sisi lain kegiatan FLS2N jenjang SD dan SMP diharapkan dapat meningkatkan kreativitas, memotivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai minat, bakat dan kemampuannya,” tutupnya. (war/mc)