18 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Hari ini, KPU Tetap Paslon Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung

SIJUNJUNG, KP – Jika tidak ada aral melintang, rencananya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung, akan menetapkan peserta pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Sijunjungdalam pesta pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Ketua KPU Sijunjung, Lindo Karsyahkepada awak media melalui telepon selulernya, Selasa (22/9) penetapan peserta Paslon Bupati dan Wakil Bupati itu akan dilaksanakan pada Rabu (23/9) di Aula Kantor Dinas PUPR Sijunjung.

Selain dihadiri Paslon Bupati-Wakil Bupati juga akan dihadiriLiaison Officer (LO) dan Pimpinan Parpol Pengusung Paslon. Selain itu, Kapolres, Dandim, Ketua Bawaslu dan Kakan Kesbangpol Linmas juga akan hadir dalam penetapan Paslon tersebut.

Menurut Lindo Karsah,penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati diputuskan dalam rapat pleno yang diselenggarakan pada pukul 10.00 WIB hingga selesai. Hasil rapat pleno akan diserahkan kepada petugas penghubung partai pengusung maupun petugas penghubung pasangan calon bupati dan wakil bupati.

“Rapat pleno penetapan calon bupati dan wakil bupati dilaksanakan di Aula Kantor Dinas PUPR Sijunjung, kemudian hasilnya kami serahkan SK Penetapan Paslon kepada kandidat bupati dan wakil bupati melalui paslon atau petugas penghubungnya.

Ke-esokan harinya, yakni Kamis (24/9) di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung, KPU Sijunjung akan menyelenggarakan tahapan rapat pleno terbuka untuk pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Paslon Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung 2020 dilarang membawa pendukung untuk mengikuti kegiatan tersebut. Masing-masing paslon hanya dibenarkan membawa 30 orang yang berasal dari pengurus inti partai pengusung sesuai disaat mendaftar di KPU.

“Seluruh paslon harus mampu mengendalikan orang-orang yang dibawanya. Selain itu, mereka juga harus menaati protokol kesehatan seperti mengenakan masker dan menjaga jarak saat berinteraksi dan semua mekanisme pelaksanaan rapat pleno tersebut sudah di koordinasikan dengan LO paslon masing-masing,”terang Lindo.

Untuk pengamanan pelaksanaan kegiatan itu, KPU berkoordinasi dengan Polres Sijunjung, Satpol PP, Dishub, Dinkes, TNI, dan Bawaslu untuk kelancaran pelaksanaan pleno tersebut.(shd)