24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Kabur Saat Ditangkap, Jambret Ditembak Polisi

PADANG, KP – Seorang pelaku jambret yang beraksi di kawasan Air Mancur Pasar Raya Padang berinisial H (30 tahun) terpaksa dihadiahi timas panas oleh polisi karena berupaya melawan dan kabur saat akan ditangkap.

Pelaku ditangkap di Jalan Padang-Painan, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Senin malam (21/9) sekitar pukul 20.30 WIB. Satu unit handphone diduga hasil curian dan sepeda motor milik pelaku disita sebagai barang bukti.

Kasat Reskrim Polresta PadangKompol Rico Fernanda, mengatakan penangkapan pelaku dilakukan berdasarkan laporan korban pada 14 September 2020. Ia menjelaskan kejadian berawal saat korban sedang berjalan sambil memegang handphone di depan Masjid Taqwa Muhammadiyah dekat Bundaran Air Mancur Pasar Raya Padang. Tiba-tiba pelaku datang dan langsung merebut handphone korban. Usai beraksi, pelaku kabur dengan sepeda motor.

“Berdasarkan hasil penyelidikan identitas pelaku berhasil diketahui. Saat akan ditangkap pelaku yang sedang membawa mobil truk berupaya melawan petugas dan kabur,” jelasnya.

Alhasil, petugas terpaksa melepas tembakan.Timah panas akhirnya mendarat di kaki kanan pelaku. Ia tak berkutik dan langsung diamankan. Pelaku langsung dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Padang untuk mendapatperawatan atas luka tembak pada kakinya.

“Kepada penyidik, pelaku mengakui perbuatannya,” tutur Kompol Rico Fernanda dilansir langgam.id, Selasa (22/9).

Sebelumnya, Kapolresta Padang AKBP Imran Amir menegaskan pihaknya akan selalu masif untuk melakukan penangkapan pelaku curanmor dan pencurian dengan kekerasan (curas), terutama jambret yang meresahkan masyarakat.“Ini atensi Pak Kapolda Sumbar, prioritas penanganan 3C (curanmor, curat, dan curas). Pokoknya yang meresahkan masyarakat menjadi target kami,” tegasnya. (lgm)