24 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Kapolda Sumbar Kukuhkan Pokdar Kamtibmas Wilayah IV

SOLOK, KP – Kapolda Sumatra Barat, Irjen Pol Toni Harmanto didampingi Dirbinmas Kombes Pol Johni Soeroto, mengukuhkan Kelompok Sadar Keamanan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Wilayah IV, di Gedung Kubung 13 Kota Solok, Selasa (22/9).

Pokdar Kamtibmas wilayah IV sendiri terdiri dari Pokdar Kamtibmas yang dibentuk oleh Lima Polres di wilayah hukum Polda Sumbar, yakni Polres Solok, Polres Sawahlunto, Polres Dhamasraya, Polres Solok Kota dan Polres Sijunjung. Sedangkan pengukuhan tersebut dihadiri para Kapolres, Walikota, Bupati beserta perwakilan unsur Muspida yang tergabung dalam Pokdar Kamtibmas wilayah IV.

Sementata itu pengukuhan ditandai dengan pembacaan kata-kata pelantikan, penyerahan Pataka dan pemasangan Rompi Pokdar Kamtibmas oleh Kapolda Sumbar kepada Ketua beserta pengurus Pokdar Kamtibmas Wilayah IV. Diketahui, Pokdar Kamtibmas merupakan sebuah organisasi masyarakat yang bertugas secara sukarela membantu tugas Polri dalam mengamankan dan menertibkan masyarakat serta menyelesaikan masalah di tengah masyarakat seperti tindak pidana ringan (Tipiring).

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan, dengan pengukuhan Pokdar Kamtibmas di wilayah IV itu, nantinya bisa berperan dalam membantu Polri khususnya di jajaran Polda Sumbar menjaga situasi Khamtibmas serta di tengah situasi pandemi Covid-19. “Kelompok sadar Khamtibmas ini juga dapat membantu dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat,” tuturnya. (wan)