29 Juli 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Labor Gunung Pangilun Disiapkan untuk Uji Spesimen

PADANG, KP – Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbarakan menambah fasilitas untuk pengujian spesimen hasil pengambilan swab sehingga Sumbar akan mempunyai 3 labor untuk pengujian spesimen covid-19.

Kepala Dinkes SumbarArry Tuswandi menyebutpihaknya sudah mengalokasikan dana untuk pemberdayaan dan pengembangan laboratorium yang berada di Gunung Pangilun. Dana yang dianggarkan itu untuk pengadaan PCR tes dan reagen melalui APBD Perubahan sebesar Rp2,9 miliar.

“Awalnyacuma kita anggarkan Rp800 juta. Karena ada APBD Perubahan, ditambah 2,1 miliarsehingga menjadi Rp2,9 miliar,” ujarnya saat rapat dengar pendapat bersama Komisi V DPRD Sumbar, Senin lalu (21/9).

Menurutnya, yang jadi persoalan adalah kesiapan sumber daya manusia. Untuk tenaga tes swab memang banyak bisa dilatih. Namununtuk tenaga ahli harus dicarikankarena labor tersebut belum memiliki tenaga ahli. Untuk itu, pihaknya sudah menganalisis bahwa ada tenaga ahli dari ahli mikrobiologi di Rumah Sakit Paru Sumbar, Padangpariaman.

Tidak hanya itu, dinkes juga akan segera mengatur pola pengoperasiannya. Kemudian menyiapkan daya dukung lain, seperti tempat dan fasilitas serta ruangan yang layak. “Kita saat ini sudah melayani walaupun dalam bentuk pelayanan tes swab saja, alhamdulillah berjalan cukup positif,” katanya dilansir langgam.id. (lgm)