19 April 2021

HARIAN UMUM KORAN PADANG

Berani Menyampaikan, Santun Mengkritisi

Pastikan Hak Pilih Warga, Bawaslu Turun ke Lapangan

PAYAKUMBUH, KP- Memastikan warga yang sudah memiliki hak pilih masuk dalam daftar pemilih dalam Pilkada tahun 2020 di Kota Payakumbuh, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Payakumbuh melakukan pemantuan kesejumlah kelurahan yang ada di daerah itu. Pemantauan Daftar Pemilih Sementara (DPS) itu dilakukan, Selasa (22/9).

Dua kelurahan yang dipantau “wasit” Pemilu itu yakni Kelurahan Tiakar dan Kelurahan Payobasung di Kecamatan Payakumbuh Timur. Ketua Bawaslu Payakumbuh, M. Khadafi didampingi staf turun langsung memantau DPS yang telah dipasang dan ditempel di kantor-kantor kelurahan itu.

Menurut mantan Ketua KPU Kota Payakumbuh itu, pemantauan itu dilakukannya pihaknya untuk memastikan agar warga yang sudah memiliki hak pilih, bisa memberikan suaranya pada Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur yang akan digelar 9 Desember 2020 mendatang.Selain itu, untuk memastikan agar DPS yang telah dipasang bisa diakses warga dengan mudah.

“Kita ingin memastikan kalau memang DPS sudah di publish atau dipajang di ruang publik. Sehingga semua orang bisa melihat. Kita juga ingin memastikan jika ada masyarakat atau calon pemilih yang belum terdaftar, mereka bisa melapor ke petugas PPL di Kelurahan, PPK maupun ke Bawaslu. Nantinya akan kita teruskan ke KPU,” sebut Ketua Bawaslu Payakumbuh, M. Khadafi, disela-sela pemantauan ke Kelurahan Tiakar.

M.Khadafi juga menambahkan, menurutnya KPU melalui PPS sejauh ini telah menempellan DPS dengan baik, sehingga mudah diakses warga. Bahkan pemilih pemula juga telah masuk dalam DPS yang ditempelkan itu.

“Sudah baik sejauh ini. Barusan kita lihat ada pemilih pemula yang namanya masuk dalam DPS yang telah ditempel itu,” tutupnya.

Sementara Lurah Payobasung Kecamatan Payakumbuh Timur, Ade Vianora menyebutkan, DPS telah ditempat oleh PPS sejak beberapa waktu lalu. Dan sejauh ini belum ada warga yang melapor jika belum masuk dalam DPS tersebut.

“Sejak ditempel beberapa hari lalu sampai sekarang belum ada warga yang melapor jika dirinya belum masuk dalam DPS,” ucapnya.

Mantan Lurah Koto Tangah Kecamatan Payakumbuh Barat itu juga menyebutkan, di Kelurahan Payobasung terdapat sekitar 1700 lebih pemilih. (dst)